Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Review

HTC One V, Ponsel Ice Cream Sandwich "Berdagu"

Kompas.com - 08/10/2012, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga smartphone Android dari keluarga One, saat ini menjadi smartphone kebanggan HTC. Smartphone andalannya adalah HTC One X, yang mengincar segmen kelas atas. Sedangkan HTC One V, dibuat untuk mengincar segmen kelas menengah.

HTC One V telah masuk pasar Indonesia sejak April lalu, dijual dengan harga relatif terjangkau, namun kaya akan fitur bermanfaat.

Desain & konektivitas

HTC One V memiliki bentuk yang unik pada bagian bawah, yang didesain melengkung seperti dagu manusia. Tubuhnya dibalut materi alumunium dan ada materi karet pada bagian belakang bawah, sebagai penutup slot SIM card dan kartu MicroSD. Materi karet juga digunakan di belakang atas tempat di mana kamera berada.

Smartphone ini memiliki dimensi 120,3 x 59,7 x 9,2 mm, dan bobot 115g, cukup nyaman ketika berada dalam genggaman. Anda dapat meraih seluruh layar hanya dengan satu tangan.

One V memiliki bentang layar seluas 3,7 inci yang dilapisi kaca anti-gores Gorilla Glass. Di bawah layar, terdapat tiga tombol kapasitif back, home, dan recent apps. Ada sensasi efek getaran jika tombol-tombol tersebut disentuh.

Bagian belakang atasnya ada kamera 5MP dan lampu kilat LED. Di sisi atas, ada tombol power dan jack audio 3,5mm. Di sisi kiri ada port MicroUSB, sedangkan di sisi kanan ada tombol pengatur volume.

Performa

Layar One V sangat cemerlang, warna-warni ikon aplikasi dan fitur pada smartphone ini ditampilkan dengan kontras dan tajam. Layarnya menggunakan teknologi Super LCD2, beresolusi 480 x 800 pixel, dan kepadatan pixel 252 pixel per inci.

Ketika berada di bawah sinar matahari, layar One V masih bisa dilihat dengan nyaman.

Dapur pacu One V diperkuat dengan prosesor single core Qualcomm MSM8255 Snapdragon kecepatan 1 GHz, RAM 512, dan unit pemrosesan grafis Adreno 205. Dari pengalaman KompasTekno, dapur pacu ini memberi sensasi navigasi yang lumayan mulus, namun belum bisa disebut memuaskan.

One V telah menggunakan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Smartphone ini mampu memainkan game kelas ringan dan menengah. Namun ketika diajak memainkan game kelas berat, ia terasa kewalahan.

Memori internal One V tersedia sebesar 4GB. Pengguna dapat memperluas media penyimpanan melalui kartu memori eksternal MicroSD hingga 32GB. HTC juga memberi bonus media penyimpanan data di awan (cloud) dari Dropbox sebesar 25GB gratis selama 2 tahun.

Kualitas audio HTC One V didukung oleh software BeatsAudio, yang diklaim memberi sensasi suara lebih detail dan unsur bass yang nendang. Ketika smartphone diletakkan dalam posisi layar menghadap ke atas, suara musik yang keluar terdengar lebih seimbang.

Kamera

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com