Kompas.com - 08/10/2012, 13:56 WIB
EditorReza Wahyudi

SAMSUNG Samsung Smart LED TV ES9000 75 inci dirancang agar bisa di-upgrade agar tetap sesuai dengan teknologi terbaru di masa depan.

KOMPAS.com - Di era televisi pintar seperti sekarang, bahkan remote TV sudah dianggap ketinggalan zaman. Untuk mengendalikan program-program TV, pengguna bisa menggunakan gerakan tangan saja melalui sensor kamera.

Fitur motion control ini diperkenalkan Samsung melalui salah satu produknya, Smart TV LED ES9000 75 inci, dalam pameran Internationale Funkaustellung 2012 (IFA) di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu.

Ada tiga jenis kendali program yang ditawarkan Samsung melalui televisi yang juga dilengkapi dengan web browser dan WiFi ini. Yang pertama adalah Smart Touch Remote Control, yang memiliki built-in microphone dan track pad untuk menavigasi dan mengontrol menu-menu pada TV. Yang kedua adalah Voice & Gesture Control yang memungkinkan pengguna memakai suara dan gerakan tangan untuk mengatur fungsi-fungsi TV.

 

Yang ketiga adalah fitur pengenalan wajah (Face Recognition) yang bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi Smart Hub. Kamera yang terpasang pada panel TV ini akan mengenali wajah dan membuka pintu bagi Anda untuk mengakses profil, aplikasi favorit, buku alamat pada Skype, dan lain sebagainya.

Pada fitur Gesture Control, sebuah gerakan sederhana saja sudah bisa membuat Anda menonton film, dan apllikasi Smart Content lain yang tersedia melalui Samsung Smart Hub. Ketika remote TV tidak berada dalam jangkauan tangan, cukup kendalikan TV dengan gerakan menyapu untuk menavigasi, dan menggenggam untuk memilih program.

Salah satu aplikasi yang bisa diatur melalui kendali gerak ini adalah game Angry Birds. Inilah pertama kalinya Angry Birds dihadirkan pada Samsung Smart TV dengan kontrol gerak. Pengguna dapat menggunakan gerakan tangan untuk melemparkan ketapel pada si burung pemarah itu, atau mengaktifkan ketrampilan masing-masing burung.

angry birds

Gesture control diaktifkan melalui sensor kamera. Pemain harus berdiri pada jarak sekitar 1 meter di depannya. (FOTO: KOMPAS.COM/FELICITAS HARMANDINI)

Konsumen Smart TV di Indonesia sendiri sudah merasakan bagaimana bermain Angry Birds melalui kendali gerak dalam acara "Aksi Tangan ala Samsung Smart TV" yang diadakan di Atrium Laguna, Central Park, Jakarta, 5-7 Oktober 2012. Mungkin memang merupakan fitur yang inovatif, hanya saja memang jadi kurang praktis. Anda perlu mencobanya berkali-kali untuk "menguasai" fitur ini.

Lantas, apa lagi yang membuat ES9000 menjadi sebuah TV pintar?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.