Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Angry Birds dengan Gerakan Tangan

Kompas.com - 08/10/2012, 13:56 WIB

SAMSUNG Samsung Smart LED TV ES9000 75 inci dirancang agar bisa di-upgrade agar tetap sesuai dengan teknologi terbaru di masa depan.

KOMPAS.com - Di era televisi pintar seperti sekarang, bahkan remote TV sudah dianggap ketinggalan zaman. Untuk mengendalikan program-program TV, pengguna bisa menggunakan gerakan tangan saja melalui sensor kamera.

Fitur motion control ini diperkenalkan Samsung melalui salah satu produknya, Smart TV LED ES9000 75 inci, dalam pameran Internationale Funkaustellung 2012 (IFA) di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu.

Ada tiga jenis kendali program yang ditawarkan Samsung melalui televisi yang juga dilengkapi dengan web browser dan WiFi ini. Yang pertama adalah Smart Touch Remote Control, yang memiliki built-in microphone dan track pad untuk menavigasi dan mengontrol menu-menu pada TV. Yang kedua adalah Voice & Gesture Control yang memungkinkan pengguna memakai suara dan gerakan tangan untuk mengatur fungsi-fungsi TV.

 

Yang ketiga adalah fitur pengenalan wajah (Face Recognition) yang bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi Smart Hub. Kamera yang terpasang pada panel TV ini akan mengenali wajah dan membuka pintu bagi Anda untuk mengakses profil, aplikasi favorit, buku alamat pada Skype, dan lain sebagainya.

Pada fitur Gesture Control, sebuah gerakan sederhana saja sudah bisa membuat Anda menonton film, dan apllikasi Smart Content lain yang tersedia melalui Samsung Smart Hub. Ketika remote TV tidak berada dalam jangkauan tangan, cukup kendalikan TV dengan gerakan menyapu untuk menavigasi, dan menggenggam untuk memilih program.

Salah satu aplikasi yang bisa diatur melalui kendali gerak ini adalah game Angry Birds. Inilah pertama kalinya Angry Birds dihadirkan pada Samsung Smart TV dengan kontrol gerak. Pengguna dapat menggunakan gerakan tangan untuk melemparkan ketapel pada si burung pemarah itu, atau mengaktifkan ketrampilan masing-masing burung.

angry birds

Gesture control diaktifkan melalui sensor kamera. Pemain harus berdiri pada jarak sekitar 1 meter di depannya. (FOTO: KOMPAS.COM/FELICITAS HARMANDINI)

Konsumen Smart TV di Indonesia sendiri sudah merasakan bagaimana bermain Angry Birds melalui kendali gerak dalam acara "Aksi Tangan ala Samsung Smart TV" yang diadakan di Atrium Laguna, Central Park, Jakarta, 5-7 Oktober 2012. Mungkin memang merupakan fitur yang inovatif, hanya saja memang jadi kurang praktis. Anda perlu mencobanya berkali-kali untuk "menguasai" fitur ini.

Lantas, apa lagi yang membuat ES9000 menjadi sebuah TV pintar?

Selain Smart Content, ES9000 juga didukung dengan aplikasi Smart Interaction, dan Smart Evolution yang menggunakan fungsi-fungsi motion control dan semua fitur yang membutuhkan akses internet pada lini Smart TV. Teknologi Smart Evolution ini dirancang agar kelak pengguna bisa meng-upgrade perangkat keras dan perangkat lunaknya agar tetap sesuai dengan teknologi terbaru pada TV-TV masa depan.

Smart Evolution Kit-nya memiliki prosesor bawaan yang dapat membantu mempercepat akses ke konten dan fitur-fitur Smart TV. Kecepatan pemrosesan Dual Core-nya juga memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus pada waktu bersamaan. Misalnya, menggunakan sebuah aplikasi sambil men-download aplikasi yang lain. Browsing internet pun tetap lebih cepat ketika memainkan sebuah aplikasi atau membuka program TV yang sudah dibuka melalui fitur Recent History.

Smart Interaction, yang di antaranya menyediakan tiga tipe kendali program seperti disebut di atas, juga memiliki aplikasi Smart View. Pada dasarnya aplikasi yang diberikan gratis ini mengubah perangkat pintar Anda menjadi remote WiFi, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan navigasi dan mengakses Smart Content dengan cepat dan mudah.

Built-in microphone yang tersedia pada Smart Touch Remote Control, gesture control, face recognition, dan aplikasi mobile Smart View memberikan cara alternatif untuk berinteraksi dengan TV. Anda bisa men-download Smart View Mobile App di beberapa ponsel Samsung dan Tabs untuk mengatur program-program di Smart TV ini.

Samsung juga menghadirkan Signature Services yang memberikan hiburan lebih dengan pilihan Family, Fitness and Kids. Inilah cara baru untuk terus terkoneksi dengan keluarga dan teman-teman. Aplikasi Family Story memberikan sarana untuk berbagi foto, membuat jadwal kegiatan, mengirim pesan, dan lain sebagainya. Kids mengombinasikan aplikasi untuk belajar, bermain, dan mengasah kreativitas melalui sticker books. Sementara dengan mengakses Fitness, pengguna tak perlu lagi menjadi member di gym karena aplikasi ini memberikan program latihan dan olahraga bersama instruktur, menetapkan jadwal latihan harian, dan memberikan catatan hasil latihannya.

"Bonus" lain pada ES9000 adalah kamera tersembunyi pada bagian atas panel yang secara otomatis akan mencuat dari atas TV ketika diperlukan. Kamera ini bisa digunakan untuk aplikasi video calling seperti Skype. Untuk memberikan sensasi hiburan yang lebih memukau, ES9000 juga menyediakan empat pasang kacamata 3D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com