Dengan Z-60, AMD Jamin Kinerja "Grafis" Tablet Windows 8

Kompas.com - 12/10/2012, 11:22 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Menjelang kemunculan Windows 8, produsen komputer sibuk bersiap, termasuk AMD yang memutuskan terjun ke bisnis tablet Windows 8 melalui prosesor Z-60.

Menggunakan istilah "Accelerated Processing Unit (APU)", prosesor yang dijuluki "Hondo" ini menggabungkan dua inti prosesor berkecepatan 1 GHz dengan pemroses grafis Radeon HD 6250.

amd-z60-hondo-640_large_verge_medium_landscape
(Gambar: TheVerge.com)

Prosesor berbasis x86 ini akan bersaing dengan prosesor Intel Atom Z2760 yang sama-sama mengincar segmen tablet Windows 8, selain prosesor-prosesor berbasis ARM dari produsen seperti Qualcomm dan Samsung.

Tingkat konsumsi daya Z-60 sebesar 4,5 watt lebih besar dibandingkan prosesor Intel yang dipatok pada angka 1,7 watt, namun kemampuan pemroses grafisnya diklaim jauh lebih tinggi.

Pihak AMD mengatakan bahwa tablet berbasis prosesor Z-60 bisa bertahan selama 8 jam ketika digunakan untuk browsing, atau 6 jam ketika digunakan untuk memutar video HD.

Fitur-fitur lainnya termasuk output HDMI dan dukungan interface USB 3.0 dan SATA 6 Gbps serta Direct X 11.

Tablet pertama yang dilengkapi prosesor ini rencananya akan dirilis bersamaan dengan Windows 8 pada 26 Oktober. Belum disebutkan produsen mana saja yang tertarik menggunakan Z-60 pada tablet Windows 8 miliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.