Kompas.com - 12/10/2012, 14:53 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen ponsel besar seperti Samsung dan HTC mengikuti jejak Nokia untuk mengadopsi sistem operasi Windows Phone 8. Tapi lain ceritanya dengan Sony, yang hingga kini belum berniat untuk adopsi Windows Phone 8.

Pada dasarnya Sony merupakan vendor smartphone yang multi-platform. Namun, sampai sekarang Sony masih fokus dengan Android, dan belum ada pernyataan resmi akan mengadopsi Windows Phone 8.

"Kami masih fokus di Android. Ini strategi global Sony," kata Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramitha di Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Salah satu alasannya, menurut Ika, sistem operasi Android saat ini berkembang sangat cepat dan mendominasi pangsa pasar.

Menurut data IDC pada kuartal 2 tahun 2012, sistem operasi mobile besutan Google ini mendominasi pangsa pasar smartphone global dengan raihan 68%. Jumlah ini empat kali lebih besar dibandingkan pangsa pasar iPhone sebesar 17%.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia. Masih menurut data IDC, sistem operasi Android untuk pertama kalinya berhasil menyalip BlackBerry pada kuartal 2 tahun 2012. Android memimpin pasar sistem operasi di Indonesia sebesar 52%.

Prestasi ini bisa dicapai karena ada lebih dari 10 produsen smartphone dan tablet yang mengusung Android, termasuk Sony, Samsung dan HTC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.