Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Perancang Prosesor Samsung Pindah ke Apple

Kompas.com - 12/10/2012, 20:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple ternyata tak hanya gemar memakai prosesor Samsung di perangkat iPad dan iPhone, tetapi juga tertarik mempekerjakan mantan pegawai dari perusahaan Korea tersebut.

Seperti dilaporkan PhoneArena, kepala arsitek sistem Jim Mergard yang baru saja bergabung dengan Samsung pada bulan Juni lalu telah pindah ke kubu Apple.

Sebelumnya, Mergard sempat bekerja sebagai wakil presiden dan chief engineer di produsen mikrochip AMD selama 16 tahun. Selama bekerja di AMD, Mergard pernah membawahi pengembangan prosesor "Brazos" yang dirancang untuk komputer portable low-end.

Kepindahan Mergard ini adalah yang terbaru dari serangkaian langkah serupa yang melibatkan pegawai-pegawai perusahaan besar di bidang TI.

Awal Agustus lalu AMD merekrut mantan arsitek chip Apple Jim Keller untuk menjabat sebagai wakil presiden dan chief architect. Bulan sebelumnya, desainer chip AMD John Bruno pindah ke Apple.

Apple sendiri terlibat kerjasama bisnis bernilai miliaran dollar untuk memakai produk-produk teknologi samsung di perangkatnya.

Selain layar dan memori, Apple juga menggunakan prosesor-prosesor bikinan Samsung, termasuk A6 yang dipakai pada iPhone 5 dan disebutkan sebagai salah satu fitur unggulan smartphone tersebut. Apple membuat desain prosesor sementara Samsung menangani proses produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke