Kompas.com - 13/10/2012, 10:11 WIB
EditorReza Wahyudi

TheVerge LG Optimus G


KOMPAS.com — Pandangan Samsung mengenai salah satu rivalnya di industri smartphone, LG Electronics (LGE), terungkap lewat sebuah laporan analisis investasi yang bocor dan beredar di internet.

Laporan tersebut ditulis oleh Samsung Securities, bagian dari grup Samsung yang terpisah dari divisi smartphone.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa LGE diprediksi bakal mengalami peningkatan di bisnis smartphone mulai kuartal pertama 2013. Pada paruh kedua 2013, produsen elektronik yang sama-sama berasal dari negeri ginseng ini dikatakan sudah bisa menyelak ke posisi tiga besar, yang saat ini dipegang Nokia.

Kesuksesan LGE, menurut laporan itu, akan dimotori oleh seri smartphone Optimus G yang diperkirakan bakal dirilis November, ponsel Google Nexus yang akan dibuat oleh LGE, beserta sejumlah suksesor yang sejauh ini hanya diketahui lewat kode nama  "V2" dan "GK".

Divisi smartphone LGE diprediksi akan berhenti merugi pada kuartal pertama 2013, sementara angka penjualan produk disebut akan berkisar 8-9 juta unit. Pada akhir 2013, pangsa pasar smartphone global LGE diproyeksikan naik menjadi 5,8 persen pada akhir 2013, dari 4 persen pada 2012.

Sebaliknya, laporan Samsung itu memperkirakan Nokia dan RIM akan kalah bersaing akibat sistem operasi yang kurang kompetitif, sementara HTC memiliki kekurangan dibanding LGE dalam hal cakupan distribusi dan supply chain.

samsung-lg-third

(Gambar: smartphenom.com)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.