Kompas.com - 15/10/2012, 08:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com Dalam sebuah wawancara dengan situs teknologi TechCentral, Steve Wozniak menuduh Apple telah berlaku arogan lewat iPhone 5.

Sebabnya, menurut Wozniak, perusahaan yang didirikannya itu tidak mau mengikuti keinginan konsumen dan bersikukuh bahwa ukuran layar iPhone 5 sebesar 4 inci sudah sesuai untuk semua orang.

"Tak semua pengguna menginginkan hal yang sama. Banyak orang benar-benar menyukai ukuran layar yang lebar," ujar Wozniak, seperti dikutip Business Insider dari TechCentral.

Dia menyesalkan pemikiran Apple yang menganggap diri sebagai satu-satunya pihak yang memiliki "formula yang tepat" soal ukuran layar. "Saya berharap Apple membuat dua versi iPhone 5 dengan ukuran layar yang berbeda."

Smartphone iPhone 5 dari Apple memiliki ukuran layar yang lebih tinggi dari pendahulunya, iPhone 4S, sehingga bisa memuat satu baris ikon lebih banyak. Akan tetapi, peningkatan ukuran layar ini hanya diterapkan pada satu sisi (panjang), sementara lebar iPhone 5 tetap sama dengan iPhone 4S.

Smartphone ini pun tampak lebih tinggi dari iPhone 4S, tetapi dengan lebar yang sama.

Selain itu, ukuran diagonal layar iPhone 5 yang sebesar 4 inci masih lebih kecil dibandingkan ponsel-ponsel Android unggulan, seperti Samsung Galaxy S III yang ukuran display-nya mencapai 4,8 inci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apple mengemukakan alasan bahwa lebar iPhone 5 tetap sama dengan pendahulunya untuk memungkinkan pengguna menyentuh semua interface di layar dengan menggunakan ibu jari dari satu tangan saja.

Akan tetapi, hal ini dipandang Wozniak semata-mata sebagai tindakan defensif karena para pesaing Apple sudah beralih ke layar besar. "Saya tak melihat ada orang yang kesulitan memakai layar yang lebih besar," ujar Wozniak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.