Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Pertama Jokowi sebagai Gubernur

Kompas.com - 15/10/2012, 14:49 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Senin (15/10/2012), Joko Widodo menghadiri pelantikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DKI Jakarta periode 2012 - 2017 pada pukul 13.30 WIB. Acara yang berlangsung di Balai Agung DKI Jakarta ini dihadiri pejabat teras DKI Jakarta.

Posisi itu kini dijabat oleh istri Joko, Iriana Widodo, yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK DKI. Seiring dengan pelantikan itu maka berakhir masa jabatan Ani Fadjar Panjaitan sebagai pelaksana harian Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta. Ani Fadjar adalah istri Fadjar Panjaitan yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah DKI Jakarta.

Saat memberi sambutan, Joko meminta agar fokus kegiatan PKK ke depan di kawasan-kawasan miskin dan kumuh. "Jangan sampai gerakan PKK malah di Menteng, tetapi harus di Bukit Duri, Cakung, Tebet, karena merekalah yang membutuhkan gerakan PKK," tuturnya.

Ia meminta agar PKK bukan sebagai ruang rumor dan isu, melainkan menjadi ruang produktif di kampung-kampung. "Wujudkanlah kegiatan yang konkret yang dapat dirasakan semua. Mengenai dana dan anggaran itu bagian saya. Asalkan ada hasil konkretnya," tutur Joko.

Vita Gamawan Fauzi, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nasional, merespons positif keinginan Joko. PKK memang harus lebih fokus pada program kerjanya. "PKK diharapkan menggelorakan kembali kelompok dasa wisma sebagai garda depan program pokok PKK. Kami juga memiliki kepedulian yang sama turun ke keluarga miskin yang membutuhkan uluran tangan," tutur Vita.

Hadir pada acara itu Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan, kepala badan, kepala dinas, dan sejumlah wali kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com