Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tembus Sensor, Kok Jadi Format Hard Disk?

Kompas.com - 16/10/2012, 07:48 WIB

sxc.hu/Vangelis Thomaidis

 

KOMPAS.com - Sebuah program jahat diketahui melakukan aksi tercela. Awalnya, ia mengaku sebagai program yang bisa mengelabui sensor internet, tapi sebenarnya ia adalah program jahat yang akan menghapus hard disk.

Seperti disampaikan oleh Viko Akbar, analis antivirus dari Vaksincom, program jahat ini dikenal dengan julukan I Love You Mindhack. Korbannya diperkirakan sudah mencapai ribuan komputer di Indonesia.

"Setelah memakan korban pada akhir September 2012 dan menuai sumpah serapah dari ribuan korbannya di Indonesia, rupanya pembuat virus mindhack tidak kapok, malahan mengeluarkan varian mindhack yang baru lengkap dengan curhat patah hati dan icon Yellow Kitty dan Red Bear," sebutnya.

Menurut Viko, virus ini terdeteksi oleh Norman sebagai Hupigon.MBKG dan Hupigon.MBKH, sedangkan G Data mendeteksi virus ini sebagai Trojan.Generic.7770658

Program jahat ini menyamar sebagai aplikasi untuk mengelabui sensor internet bernama Ultra Surf. Konon, aplikasi Ultra Surf digunakan oleh aktivis internet di China untuk menembus tembok besar sensor di Negeri Tirai Bambu itu.

Namun saat dijalankan, program jahat ini justru melakukan Quick Format pada seluruh partisi hard disk pengguna, mulai dari drive D hingga Z.

Data yang hilang itu bisa dipulihkan dengan mencabut hardisk fisik dari komputer dan menggunakan sistem yang bersih untuk menjalankan software pemulihan. Jika ragu, disarankan untuk menghubungi ahli Data Recovery terdekat.

Ciri-ciri lainnya, semua file .exe akan tidak bisa dijalankan dan berubah menjadi file .iloveumindhack. Diperkirakan ini salah satu caranya untuk mencegah program antivirus.

Malware "I Love You Mindhack" juga akan mengganti file tertentu (seperti restore.exe atau hddfix.exe) dengan file virus. Ia juga mematikan proses tertentu, termasuk Firefox dan Windows Explorer, lalu menggantinya dengan virus.

Program jahat ini akan membuat sebuah folder dan file dan meletaknya di C:-Documents and Settings-Administrator-Local Settings-Temp. Di dalam folder itu terdapat icon yellow kitty, orange bear dan foto dengan nama file I LOVE U.jpg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com