Kompas.com - 16/10/2012, 10:13 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Meski waktu penjualannya tertinggal beberapa bulan, smartphone terbaru Apple iPhone 5 sudah melampaui Samsung Galaxy S III dalam hal trafik situs, hanya dalam tiga minggu sejak pertama dirilis.

Hal tersebut ditunjukkan dalam hasil riset lembaga analisis Chitika Insights yang meneliti jutaan tayangan iklan mobile dalam jaringannya di Amerika Serikat dan Kanada selama tujuh dari 3 Oktober hingga 9 Oktober lalu.

Terungkap bahwa sebanyak 56 persen trafik situs keseluruhan dari dua ponsel itu dihasilkan oleh iPhone 5, sementara Galaxy S III memegang 44 persen sisanya.

graph2
(Gambar: insights.chitika.com)

Jumlah trafik internet ini tidak merepresentasikan jumlah sebenarnya dari kedua smartphone. Bisa jadi, jumlah iPhone 5 yang beredar memang lebih banyak dari Galaxy S III. Bisa pula bahwa pemilik iPhone 5 lebih sering menjelajah internet dengan dukungan jaringan 4G LTE dibandingkan pemilik Galaxy S III.

"Angka penjualan yang besar dipadukan dengan kecepatan tinggi 4G yang mendorong pemakaian data adalah penjelasan yang paling memungkinkan soal pertumbuhan luar biasa (iPhone 5) ini," tulis lembaga riset Chitika dalam laporannya.

Walau begitu, hasil penelitian ini tetap menunjukkan gejala yang tidak baik untuk Samsung. "Perubahan terkini dalam ekosistem mobile tersebut bukan berita bagus untuk Samsung yang telah memosisikan perangkatnya sebagai kompetitor langsung iPhone 5."

Chitika menyimpulkan bahwa mengoptimalisasi konten untuk kedua perangkat merupakan langkah yang bagus untuk para pengiklan online. Namun, ia juga menambahkan bahwa pengguna iPhone masih menjadi pengguna mobile web yang paling aktif, dan karena itu paling potensial untuk target iklan.

Meski memiliki angka web trafiic yang lebih tinggi, penelitian lain dari Localytics menyebutkan bahwa iPhone 5—berikut perang paten antara Samsung dan Apple—justru berperan meningkatkan penjualan Galaxy S III.

Seperti dikutip dari PC Magazine, pada awal bulan ini, Localytics melaporkan bahwa penjualan Galaxy S III naik 9 persen sejak 1 Agustus. Kenaikan penjualan Galaxy S III yang terbesar, yaitu 16 persen, tercatat pada periode 21-27 Agustus, atau pada minggu saat pengumuman kekalahan Samsung dalam kasus paten melawan Apple. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.