Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5 Lebih "Rakus" Internet Ketimbang Galaxy S III

Kompas.com - 16/10/2012, 10:13 WIB

KOMPAS.com — Meski waktu penjualannya tertinggal beberapa bulan, smartphone terbaru Apple iPhone 5 sudah melampaui Samsung Galaxy S III dalam hal trafik situs, hanya dalam tiga minggu sejak pertama dirilis.

Hal tersebut ditunjukkan dalam hasil riset lembaga analisis Chitika Insights yang meneliti jutaan tayangan iklan mobile dalam jaringannya di Amerika Serikat dan Kanada selama tujuh dari 3 Oktober hingga 9 Oktober lalu.

Terungkap bahwa sebanyak 56 persen trafik situs keseluruhan dari dua ponsel itu dihasilkan oleh iPhone 5, sementara Galaxy S III memegang 44 persen sisanya.

graph2
(Gambar: insights.chitika.com)

Jumlah trafik internet ini tidak merepresentasikan jumlah sebenarnya dari kedua smartphone. Bisa jadi, jumlah iPhone 5 yang beredar memang lebih banyak dari Galaxy S III. Bisa pula bahwa pemilik iPhone 5 lebih sering menjelajah internet dengan dukungan jaringan 4G LTE dibandingkan pemilik Galaxy S III.

"Angka penjualan yang besar dipadukan dengan kecepatan tinggi 4G yang mendorong pemakaian data adalah penjelasan yang paling memungkinkan soal pertumbuhan luar biasa (iPhone 5) ini," tulis lembaga riset Chitika dalam laporannya.

Walau begitu, hasil penelitian ini tetap menunjukkan gejala yang tidak baik untuk Samsung. "Perubahan terkini dalam ekosistem mobile tersebut bukan berita bagus untuk Samsung yang telah memosisikan perangkatnya sebagai kompetitor langsung iPhone 5."

Chitika menyimpulkan bahwa mengoptimalisasi konten untuk kedua perangkat merupakan langkah yang bagus untuk para pengiklan online. Namun, ia juga menambahkan bahwa pengguna iPhone masih menjadi pengguna mobile web yang paling aktif, dan karena itu paling potensial untuk target iklan.

Meski memiliki angka web trafiic yang lebih tinggi, penelitian lain dari Localytics menyebutkan bahwa iPhone 5—berikut perang paten antara Samsung dan Apple—justru berperan meningkatkan penjualan Galaxy S III.

Seperti dikutip dari PC Magazine, pada awal bulan ini, Localytics melaporkan bahwa penjualan Galaxy S III naik 9 persen sejak 1 Agustus. Kenaikan penjualan Galaxy S III yang terbesar, yaitu 16 persen, tercatat pada periode 21-27 Agustus, atau pada minggu saat pengumuman kekalahan Samsung dalam kasus paten melawan Apple. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com