Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Perkenalkan Android Padfone 2

Kompas.com - 16/10/2012, 15:25 WIB

Engadget ASUS Padfone 2

KOMPAS.com - ASUS hari ini (16/10/2012), bertempat di Taiwan, memperkenalkan perangkat Padfone generasi kedua. Padfone merupakan perangkat yang mengusung konsep berupa "gabungan" smartphone dan tablet.

Padfone sejatinya adalah smartphone Android yang bisa digabungkan dengan perangkat dengan layar 10 inci terpisah sehingga  menjelma menjadi tablet. Unit layar yang disebut sebagai "Padfone Station" tersebut berfungsi sebagai media keluaran display dari Padfone. Semua komponen utama terdapat di unit smartphone.

Cara menggabungkannya adalah dengan memasukkan unit smartphone Padfone ke dalam kompartemen khusus yang terletak di belakang unit "tablet". Layar pun akan menyala dan Padfone bisa difungsikan layaknya tablet.

Layar tablet tersebut juga berfungsi sebagai charging station yang akan mengisi baterai smartphone selagi dihubungkan dengannya.

Dalam mode smartphone, Padfone 2 menggunakan layar Super IPS+ berukuran 4,7 inci yang mampu mendukung resolusi 720p. Layar tersebut memiliki tingkat kecerahan 550 nits.

Sebagai dapur pacunya, smartphone Padfone 2 menggunakan prosesor Qualcomm APQ8064 quad-core dan RAM sebesar 2GB.

Kamera belakang yang diusungnya memiliki resolusi gambar sebesar 13 megapiksel f2/4 dengan sensor dari Sony. ASUS juga melengkapi smartphone Padfone 2 ini dengan kamera depan 1,2 megapiksel.

Kamera belakang dari perangkat ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p pada 30 fps, 720p pada 60 fps, dan mampu mengambil continuous shot hingga 100 foto pada resolusi penuh.

Awalnya, smartphone Padfone 2 baru akan hadir dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. ASUS berjanji untuk menghadirkan Android 4.1 Jelly Bean secepatnya.

Padfone 2 memiliki baterai dengan kapasitas yang besar, yaitu 2.140mAh. Baterai yang ada di tablet Padfone 2 memiliki kapasitas 5.000mAh.

Dari sisi tablet, Padfone 2 hadir dengan layar berukuran 10.1 inci yang mampu mendukung resolusi 1.280 x 800.

Tablet Padfone 2 memiliki bobot 514 gram, sedangkan smarpthone Padfone 2 memiliki bobot 135 gram. Jika digabung, keduanya memiliki bobot 649 gram, sebuah bobot yang bahkan lebih ringan dibandingkan iPad 3.

Padfone 2 sudah bisa didapatkan di Taiwan mulai minggu depan. Rentang harga smartphone Padfone 2 dengan kapasitas 16GB, 32GB, dan 64GB adalah dari 620 dollar AS hingga 750 dollar AS.

Untuk Padfone Station-nya, cukup menambah 210 dollar AS (versi bundle). Namun, jika dibeli secara terpisah, harganya menjadi 310 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com