Kompas.com - 17/10/2012, 11:00 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

googleGambar desain dekoratif (doodle) di halaman utama Google, turut rayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, Jumat (17/8/2012)

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs web jejaring sosial profesional LinkedIn, mengumumkan bahwa Google merupakan perusahaan yang paling diminati oleh pencari kerja di LinkedIn. Empat top perusahaan lainnya adalah Apple, Microsoft, Facebook, dan Unilever.

Setelah itu, posisi 6 sampai 10 ditempati oleh GE, PepsiCo, Procter & Gamble, McKinsey & Company, dan The Coca Cola Company.

Pemeringkatan data perusahaan yang diminati pencari kerja ini diambil berdasarkan Talent Brand Index. Fitur ini mengukur daya tarik perusahaan bagi pencari kerja, menganalisis interaksi antara seluruh anggota LinkedIn (lebih dari 175 juta), dan perusahaan yang terdaftar di LinkedIn.

Hasil analisis memberi informasi perusahaan mana yang diminati oleh profesional. Hasil ini didapatkan dengan mengukur aktivitas anggota, seperti melihat profil dan terhubung ke karyawan di perusahaan tertentu, serta melihat dan mengikuti halaman perusahaan tertentu.

“Karena merekrut karyawan semakin kompetitif, 70% perusahaan memiliki prioritas utama untuk meningkatkan ranking employer branding mereka,” ujar Direktur Senior Talent Solutions LinkedIn Steve Barham, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Selasa (16/10/2012).

Berdasarkan Talent Brand Index, LinkedIn juga menemukan fakta lain soal perusahaan yang paling diminati pencari kerja:

Teknologi adalah bidang populer: Software (perangkat lunak) mendominasi ranking InDemand Employer dan Google menduduki peringkat ke-1 dalam beberapa kategori.

Merek terkenal tidak selalu menjadi hal utama: Merek yang dikenal oleh konsumen, seperti Coca-Cola dan Nike adalah perusahaan populer, tetapi perusahaan layanan profesional ternama seperti McKinsey & Company serta perusahaan business to business (B2B) seperti GE juga banyak diminati.

Besar tidak selalu lebih baik: Banyak perusahaan global terkenal yang masuk di ranking, tetapi 50% dari Top 100 adalah perusahaan dengan jumlah karyawan di bawah 7.000 orang.

Berita-berita seputar Google Indonesia dapat disimak di liputan khusus "Google Indonesia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.