Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa iPad Mini Tak Mungkin Dijual Murah?

Kompas.com - 17/10/2012, 11:37 WIB


KOMPAS.com -
Beberapa hari lalu beredar foto screenshot daftar inventaris sebuah toko di Jerman yang memuat harga iPad Mini. Perangkat itu disebutkan dibanderol mulai harga 249 Euro untuk versi 8 GB "WiFi Only".

Kedengarannya cukup murah, namun apakah level harga tersebut cukup realistis? Hal itu dipertanyakan oleh situs teknologi ZDNet. Dari hasil analisis singkat, ZDNet menyimpulkan bahwa bocoran harga tersebut kemungkinan besar tidak akurat. Mengapa?

Harga iPad Mini termurah yang disebutkan seharga 249 Euro atau 320 dollar AS hanya berselisih 6 dollar AS lebih tinggi dibandingkan tablet Kindle Fire HD 16 GB besutan Amazon, yang diakui pembuatnya tidak menghasilkan profit.

Perbedaan kapasitas storage seharusnya tidak banyak berpengaruh ke harga, karena perbedaan antara 8 dan 16 GB kurang dari 10 dollar AS.

Sementara itu, barang elektronik yang dijual di benua Eropa dikenakan pajak tinggi. Mengacu pada bocoran tersebut, harga sebelum pajak dari iPad Mini seharusnya lebih dekat ke angka 200 Euro atau sekitar 260 dollar AS. Lebih murah sekitar 60 dollar AS dibandingkan Kindle Fire HD yang tidak menghasilkan margin keuntungan untuk pembuatnya, Amazon.

Di sisi lain, Apple biasanya mengambil margin keuntungan cukup besar dari penjualan produk-produknya. Pengadilan sengketa paten Samsung-Apple menunjukkan bahwa perangkat iPhone, misalnya, memiliki margin profit antara 23 hingga 32 persen.

Karena itu, kecil kemungkinan Apple bakal menjual iPad Mini dengan harga jauh di bawah 399 dollar AS.

ZDNet memperkirakan bahwa harga-harga dalam bocoran tersebut meleset setidaknya sebesar 80 dollar AS (lebih murah). Jadi menurut ZDNet, iPad Mini termurah dengan kapasitas 8GB akan dibanderol paling tidak seharga 400 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta.

Benarkah demikian? Kita tunggu saja faktanya pada waktu peluncuran, jika perangkat iPad Mini memang benar-benar ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com