Kompas.com - 17/10/2012, 15:20 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.COM/ TRI WAHONO Konsep laptop hibrida yang dikembangkan Sony. Bagian layar ditarik sampai menutupi keyboard jika akan difungsikan menjadi tablet.

JAKARTA, KOMPAS.com — Menyambut kehadiran sistem operasi Windows 8, Intel telah menyiapkan perangkat komputer desain baru yang memadukan fungsi ultrabook dan tablet. Jika dibuka atau digeser ke atas, maka ia akan berwujud seperti Ultrabook. Namun jika ditutup atau digeser ke bawah, ia tampak seperti tablet. Perangkat jenis ini diberi nama convertible.

Perangkat convertible tak hanya bisa dinavigasi dengan keyboard, mouse, dan touchpad, tetapi juga bisa dinavigasi dengan sentuhan jari. Selain convertible, Intel juga mendukung jenis clamshell atau komputer jinjing yang dilipat, seperti yang umum saat ini, agar bisa dinavigasi dengan sentuhan jari.

Intel memandang teknologi layar sentuh bisa menumbuhkan pasar komputer yang saat ini sedang lesu. Sebagai pembuat prosesor, atau otak dari sebuah komputer, Intel memaksimalkan teknologi untuk layar sentuh dengan menggandeng perusahaan seperti HanssTouch, Cando, TPK, dan Wintek.

Country Manager Intel Indonesia Santhosh Viswanathan meyakini, perangkat jenis convertible bakal diminati oleh konsumen dan korporat. "Adopsi perangkat convertible punya potensi tinggi di era mobile saat ini," ujar Santhosh di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Optimistis ini didasari pada riset Intel tahun 2012, yang mencatat ada 44 persen responden yang mau menggunakan Windows 8 di komputer convertible. Selanjutnya, 31 persen responden ingin pakai Windows 8 di clamshell ultrabook dengan layar sentuh, 22 persen di tablet, dan 3 persen di ultrabook tanpa layar sentuh.

Santhosh mengatakan, Intel telah memperkenalkan teknologi layar sentuh pada kategori ultrabook. Hingga akhir 2012, ada lebih dari 40 varian desain berlayar sentuh. Sebagian di antaranya merupakan convertible. Ada enam perusahaan komputer yang telah mengadopsi desain convertible, antara lain Asus, Dell, Lenovo, Panasonic, Toshiba, dan Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.