Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel "10 Watt" Meluncur Awal 2013

Kompas.com - 19/10/2012, 09:39 WIB

KOMPAS.com/Wicak HidayatHaswell, prosesor Intel Core Generasi ke-4, akan mulai tersedia pada 2013.

KOMPAS.com - Laptop dan desktop dengan prosesor next-gen Intel "Haswell" akan mulai tersedia pada paruh pertama 2013.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Intel Paul Otellini, seperti dikutip dari PC World.

Haswell akan menggantikan prosesor Intel Core i Generasi Ketiga atau "Ivy Bridge" yang mulai tersedia pada bulan April tahun ini.

Intel mengatakan, Haswell akan mengusung kinerja yang dua kali lebih tinggi dibandingkan Ivy Bridge, disamping lebih hemat daya sehingga bisa menghemat baterai ultrabook hingga dua kali lebih lama.

Soal konsumsi daya yang lebih efisien ini telah dijelaskan oleh Intel dalam acara Intel Developer Forum September lalu. Haswell disebutkan memiliki angka konsumsi daya minimum sebesar 10 watt, sementara Ivy Bridge mencatat angka 17 watt.

Intel membagi Haswell ke dalam dua keluarga: chip dengan konsumsi daya 10 watt yang ditujukan untuk perangkat hybrid gabungan ultrabook dan tablet, serta keluarga chip 15 dan 17 watt yang ditujukan untuk ultrabook dan laptop.

Menurut Stacy Smith, Chief Financial Officer Intel, Haswell akan mencapai "kualifikasi untuk penjualan" pada paruh pertama 2013. Tiap chip bikinan Intel melalui serangkauan proses kualifikasi internal dan eksternal sebelum bisa diproduksi.

Haswell dibekali dengan unit pemroses grafis baru yang mendukung grafis 4K sehingga mampu menampilkan resolusi sebesar 4096 x 3072. Ultrabook yang dimotori prosesor ini juga akan mendukung kemampuan wireless charging, NFC, voice interaction, serta sejumlah fitur kemananan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com