Kompas.com - 19/10/2012, 09:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com/Wicak HidayatHaswell, prosesor Intel Core Generasi ke-4, akan mulai tersedia pada 2013.

KOMPAS.com - Laptop dan desktop dengan prosesor next-gen Intel "Haswell" akan mulai tersedia pada paruh pertama 2013.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Intel Paul Otellini, seperti dikutip dari PC World.

Haswell akan menggantikan prosesor Intel Core i Generasi Ketiga atau "Ivy Bridge" yang mulai tersedia pada bulan April tahun ini.

Intel mengatakan, Haswell akan mengusung kinerja yang dua kali lebih tinggi dibandingkan Ivy Bridge, disamping lebih hemat daya sehingga bisa menghemat baterai ultrabook hingga dua kali lebih lama.

Soal konsumsi daya yang lebih efisien ini telah dijelaskan oleh Intel dalam acara Intel Developer Forum September lalu. Haswell disebutkan memiliki angka konsumsi daya minimum sebesar 10 watt, sementara Ivy Bridge mencatat angka 17 watt.

Intel membagi Haswell ke dalam dua keluarga: chip dengan konsumsi daya 10 watt yang ditujukan untuk perangkat hybrid gabungan ultrabook dan tablet, serta keluarga chip 15 dan 17 watt yang ditujukan untuk ultrabook dan laptop.

Menurut Stacy Smith, Chief Financial Officer Intel, Haswell akan mencapai "kualifikasi untuk penjualan" pada paruh pertama 2013. Tiap chip bikinan Intel melalui serangkauan proses kualifikasi internal dan eksternal sebelum bisa diproduksi.

Haswell dibekali dengan unit pemroses grafis baru yang mendukung grafis 4K sehingga mampu menampilkan resolusi sebesar 4096 x 3072. Ultrabook yang dimotori prosesor ini juga akan mendukung kemampuan wireless charging, NFC, voice interaction, serta sejumlah fitur kemananan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.