Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 17:01 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya saat ini menangani kasus dugaan pembajakan e-mail dan peretasan data atau pembobolan data PT Finance Bumi Resources Tbk (Bumi).

"Polri melimpahkan kasus itu untuk kami tangani pada 12 Oktober lalu," Kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Jumat (19/10/2012) siang.

Pelapor perkaranya adalah Direktur Keuangan Bumi Fuad Helmy (40), yang melapor ke Mabes Polri pada 11 Oktober 2012. Laporan itu bernomor LP/803/X/2012. Yang dilaporkan adalah dugaan pencurian atau perusakan dengan sengaja dan tanpa hak/melawan hukum, mengakses komputer dan sistem elektronika milik pelapor/perusahaan pelapor, dengan tujuan memperoleh informasi/dokumen elektronika dengan menerobos atau menjebol sistem pengamanannya.

Yang dilaporkannya belum jelas, tetapi diduga pemilik akun e-mail fuadh72@mail.com. Pembobolannya diduga terjadi pada akhir Agustus 2012.

Fuad Helmy mengetahui adanya pembobolan data setelah ia pada 28 Agustus 2012 berkali-kali gagal mengakses akun e-mail-nya, yaitu fuadh72@yahoo.com. Setelah ditelusuri, ternyata password akunnya sudah dibajak dan diganti.

Setelah berhasil diperbaiki, terdeteksi adanya akun lain yang bukan milik pelapor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.