Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kejahatan Dunia Maya

Polda Tangani Kasus Pembobolan Data Bumi Resources Tbk

Kompas.com - 19/10/2012, 17:01 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya saat ini menangani kasus dugaan pembajakan e-mail dan peretasan data atau pembobolan data PT Finance Bumi Resources Tbk (Bumi).

"Polri melimpahkan kasus itu untuk kami tangani pada 12 Oktober lalu," Kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Jumat (19/10/2012) siang.

Pelapor perkaranya adalah Direktur Keuangan Bumi Fuad Helmy (40), yang melapor ke Mabes Polri pada 11 Oktober 2012. Laporan itu bernomor LP/803/X/2012. Yang dilaporkan adalah dugaan pencurian atau perusakan dengan sengaja dan tanpa hak/melawan hukum, mengakses komputer dan sistem elektronika milik pelapor/perusahaan pelapor, dengan tujuan memperoleh informasi/dokumen elektronika dengan menerobos atau menjebol sistem pengamanannya.

Yang dilaporkannya belum jelas, tetapi diduga pemilik akun e-mail fuadh72@mail.com. Pembobolannya diduga terjadi pada akhir Agustus 2012.

Fuad Helmy mengetahui adanya pembobolan data setelah ia pada 28 Agustus 2012 berkali-kali gagal mengakses akun e-mail-nya, yaitu fuadh72@yahoo.com. Setelah ditelusuri, ternyata password akunnya sudah dibajak dan diganti.

Setelah berhasil diperbaiki, terdeteksi adanya akun lain yang bukan milik pelapor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com