Kompas.com - 22/10/2012, 08:45 WIB
EditorReza Wahyudi

Geoffrey Morrison/ cnet.com LG 84LM9600 adalah salah satu perangkat televisi pertama yang memenuhi standar "UltraHD"

KOMPAS.com - Standar display dengan resolusi super tinggi yang sebelumnya dipanggil "4K" sekarang telah memiliki nama resmi. Panggilannya, menurut pengumuman yang dibuat Consumer Electronics Association Kamis (18/10/2012) kemarin, adalah Ultra High-Definition atau UltraHD.

UltraHD memiliki dua standar resolusi, yaitu 4K (3840x2160) dan 8K (7680x4320). Angka-angka tersebut jauh lebih tinggi dari standar HD (1280x720) dan full-HD (1920x1080) yang ada saat ini.

Untuk bisa mengusung label "UltraHD", Consumer Electronics Association mensyaratkan sebuah produk untuk setidaknya mampu menyalurkan video 4K secara native pada resolusi 3840x2160 tanpa upconverting. Berarti ada delapan juta pixel (8 Megapixel) data gambar yang ditampilkan sekaligus.

Selain itu ada persyaratan setidaknya satu input digital yang mampu menyalurkan video 4K.

"Terminogi baru ini beserta atribut-atributnya akan membantu konsumen membeli perangkat TV sesuai kebutuhan mereka," ujar CEO Consumer Electronics Association Gary Shapiro, seperti dikutip oleh Cnet.

Sejauh ini sudah ada beberapa produk yang memiliki kemampuan 4K atau "UltraHD" di pasaran, misalnya proyektor VPL-VW1000ES dari Sony, tetapi untuk perangkat konsumer sendiri belum banyak tersedia.

UltraHD diperkirakan bakal menjadi salah satu tema besar dalam pameran Consumer Electronic Show di Las Vegas pada 8-11 Januari 2013 mendatang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.