Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pasar Modal

Penjualan Rumah di Amerika Menurun

Kompas.com - 22/10/2012, 09:23 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bursa saham Wall Street terpukul menutup perdagangan akhir pekan lalu. Salah satu penyebab utama hal itu adalah penurunan penjualan rumah di Amerika Serikat. Riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Senin (22/10/2012) menyatakan penjualan rumah di AS menurun pada bulan September dari level tertinggi dalam dua tahun. Hal itu karena sedikitnya suplai yang mungkin dapat terus mendorong kenaikan harga rumah.

Pembelian rumah turun sebanyak 1,7 persen menjadi 4,75 juta dalam tingkat tahunan. Data yang dikutip dari rilis National Association of Realtors, Jumat (19/10/2012) di Washington, itu sesuai dengan perkiraan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Harga rata-rata rumah di AS melonjak dari tahun sebelumnya. Hal itu merupakan kenaikan tertinggi sejak 2005 seiring kurangnya persediaan. Jumlah rumah yang di jual semakin sedikit seiring banyaknya permintaan, para pemilik rumah saat ini hanya menyewakan rumahnya dan enggan menjual sampai harga naik lebih lanjut. "Ada banyak alasan mengapa harga sektor perumahan menjadi positif," kata Tom Simons, ekonom di Jefferies Group Inc di New York. "Suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) berada di tingkat terendah sepanjang waktu, dan persediaan rumah berada di tingkat terendah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com