Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Mini, iPad 2 Versi Mungil

Kompas.com - 24/10/2012, 11:32 WIB

KOMPAS.com — Apple resmi memperkenalkan iPad Mini, Selasa (23/10/2012), di San Jose, California, Amerika Serikat. Produk tablet besutan Apple memiliki ukuran layar 7,9 inci.

Secara garis besar, iPad Mini merupakan versi kecil iPad 2 dengan penambahan beberapa fitur. iPad Mini dan iPad 2 sama-sama menggunakan prosesor A5 dual-core dan resolusi layar 1024 x 768.

Dengan resolusi layar yang sama, semua aplikasi iPad 2 dapat bekerja dengan tampilan yang optimal di iPad Mini. Hingga saat ini, total terdapat 275.000 aplikasi yang ada di App Store.

Layar 7,9 inci yang melengkapi iPad Mini memiliki kerapatan 163 pixel per inch (ppi).

Dari sisi desain, tebal iPad Mini hanya 7,2 mm dibalut dengan materi aluminium. iPad Mini berbobot 300 gram, lebih ringan 53 persen dibandingkan New iPad. Apple mengklaim kalau iPad Mini lebih tipis dari sebatang pensil.

iPad Mini menggunakan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel, meningkat jauh dari resolusi kamera iPad 2. Kamera ini sudah hadir dengan fitur autofocus, pengenalan wajah, dan aperture f/2.4. Kamera tersebut dapat digunakan untuk merekam video dalam kualitas 1080p.

iPad Mini juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 1,2 megapiksel yang dapat dimanfaatkan untuk fitur FaceTime. Kamera depan ini dapat merekam video 720p.

Baterai iPad Mini mampu membuat perangkat tersebut hidup selama 10 jam pengoperasian. Apple menyebut baterai ini sebagai "baterai single-cell terbesar dan tertipis yang pernah didesain oleh Apple".

Dock konektor iPad Mini sudah mengikuti iPhone 5. iPad Mini hadir dengan menggunakan dock konektor Lightning 8 pin.

Untuk media penyimpanan data, tersedia versi 16GB, 32GB, dan 64GB. iPad Mini sudah bisa dipesan mulai Jumat pekan ini dan mulai dikirimkan pada 2 November mendatang ke 34 negara. Sayang, Indonesia tidak masuk dalam daftar 34 negara tersebut.

Berita-berita seputar peluncuran iPad Mini dapat disimak di liputan khusus "iPad Mini".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com