Kompas.com - 26/10/2012, 16:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.COM/LAKSONO HARI WIWOHO Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menunjukkan perangkat tablet PC yang dilengkapi sistem operasi Windows 8 saat peluncuran sistem tersebut di Singapura, Kamis (25/10/2012) siang.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru dari Microsoft, yakni Windows 8, kini sudah dapat dinikmati secara resmi. Pengguna dapat mengunduhnya langsung dari internet.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan, sistem operasi (OS) tersebut dapat diperoleh melalui situs web www.windowsupgradeoffer.com.

Tawaran download dibuka bersamaan dengan peluncuran Windows 8 yang dilakukan secara serentak pada Jumat (26/10/2012). Khusus di Asia, pengumuman peluncuran Windows 8 ini dilakukan di Singapura, Kamis (25/10/2012).

Andreas mengatakan, instalasi Windows 8 ini dapat dilakukan dengan cara bermigrasi dari OS versi sebelumnya ataupun instalasi tunggal dari perangkat non-OS. Migrasi OS yang dibeli sebelum Juni 2012 dikenai harga 39,99 dollar AS. Ini berlaku untuk migrasi dari semua versi Windows sebelumnya menjadi Windows 8 Pro.

Adapun migrasi untuk OS yang dibeli mulai Juli 2012 dikenai harga 15 dollar AS. Tawaran ini berlaku hingga 31 Januari 2013.

"Untuk Windows 8 Pro versi retail, yang dilengkapi DVD dan petunjuknya, dijual dengan harga 69,99 dollar AS," kata Andreas.

Sistem operasi Windows 8, yang dibuat untuk komputer desktop dan tablet PC, terdiri dari tiga varian, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows RT.

Windows 8 dan Windows 8 Pro tidak dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office dan ditujukan untuk perangkat dengan prosesor berarsitektur x86 dan x64. Adapun Windows RT sudah dilengkapi dengan aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, tanpa Outlook) dan sudah dibundel (pre-installed) bersama komputer atau tablet berarsitektur prosesor ARM.

Sementara itu, Andreas juga menyatakan bahwa Microsoft akan menghentikan dukungan dan pembaruan terhadap Windows XP pada April 2014. Situs Wikipedia menyebutkan, OS yang telah berumur 11 tahun tersebut akan "dipensiunkan" pada 8 April 2014.

Menurut Andreas, hingga kini pengguna Windows XP masih cukup banyak. Dari 1,2 miliar pengguna Windows di dunia, sekitar 45 persen di antaranya masih menggunakan Windows XP. Microsoft menyediakan kesempatan upgrade kepada pengguna Windows versi XP, Vista, maupun Windows 7 ke versi Windows 8 Pro.

Berita-berita seputar Windows 8 dapat disimak di liputan khusus "Windows 8".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.