Kompas.com - 27/10/2012, 16:59 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya telah meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, secara global. Untuk wilayah Asia sendiri, peluncuran Windows 8 digelar di Singapura, Kamis (25/10/2012).

Sudah tidak sabar untuk mengunduh dan meng-install Windows 8? Sebelum bergegas untuk membeli Windows 8, ada baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap spesifikasi PC terlebih dahulu.

Untuk komputer atau laptop keluaran terbaru sudah tentu tak menjadi masalah dengan spesifikasi minimum pakai Windows 8, namun bagaimana dengan komputer lawas?

Untuk menjalankan Windows 8, sebaiknya pengguna melengkapi komputer atau laptopnya dengan prosesor 1GHz atau lebih cepat.

Windows 8 versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Untuk versi di atasnya, 64-bit, pengguna lebih baik menggunakan RAM 2GB.

Dua syarat di atas sepertinya sudah bisa dipenuhi para komputer lawas.

Namun, jika menginginkan kecepatan komputasi yang tinggi, pengguna disarankan menggunakan RAM di atas 2GB.

Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak di kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM hingga 3,5 GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 4 GB.

Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 versi 32-bit. Untuk versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB.

Ruang sebesar minimal 20 GB harus disediakan untuk instalasi Windows 8. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer-komputer lawas, yang rata-ratanya ukuran hard disk-nya sudah di atas 80 GB.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.