Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanik di Balik Subhan Aksa

Kompas.com - 29/10/2012, 18:53 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

KOMPAS - Mekanik merupakan orang-orang di balik layar kesuksesan seorang pereli. Mereka mengecek setiap detil mesin mobil yang digunakan pereli sebelum digunakan. Peran mekanik sangat penting dalam bagian tim reli.

Di ajang Rally Italia Sardegna 2012 yang berlangsung 18-21 Oktober lalu, enam mekanik mendampingi pereli Indonesia Subhan Aksa yang bertarung dalam kelas Production World Rally Championship (PWRC). Dua mekanik asal Indonesia, Wiewie Rianto dan Ronny, satu dari Malaysia Amarjit Singh, dan tiga lainnya dari Australia, Dave Maslan, Grant Gullin, dan David.

Satu mekanik bertanggung jawab atas bagian depan mesin, termasuk sistem komputer kinerja mesin. Empat lainnya mengecek ban, antara lain suspensi, shock breaker, as roda. Satu lagi, kepala mekanik bertugas melakukan pengawasan atas pekerjaan lima mekanik tersebut.

Dalam satu hari dilakukan tiga kali service. Pada pagi hari sebelum berangkat, dilakukan service pertama selama 10 menit di lokasi utama. Siang hari, dilakukan remote service di lokasi yang sudah ditentukan panitia, juga 10 menit. Sore atau malam hari, service terakhir dilakukan di lokasi utama selama 45 menit.

Persoalan utama yang sering ditemukan mekanik adalah masalah ban. “Ban sering sobek akibat terkena bebatuan,” kata kepala mekanik Bosowa Team Rally, Wiewie Rianto kepada Kompas di arena Rally Italia Sardegna 2012, Olbia, Sardinia, Italia pekan lalu.

Karakter track di Rally Italia Sardegna berbeda dengan di Indonesia. Di Sardinia, track lebih kasar karena pereli harus melintasi jalan bebatuan yang sempit dan kasar.

Wiewie mendampingi Subhan Aksa sejak tahun 2004. Saat itu Subhan yang baru selesai mengikuti pendidikan di pesantren di Sukabumi, menggunakan Mitsubishi Lancer GTI. Setelah itu Subhan menggunakan Mitsubishi Evo II, Evo IV, Evo VIII, Evo IX, dan kini Evo X.

“Kelebihan mesin Evo X adalah pada handling yang lebih responsif dan saat melakukan manuver, lebih sensitif terhadap apa yang diinginkan pengemudi,” jelas Wiewie.

Subhan menggunakan ban Michellin jenis gravel tire. Ban ini pas dengan kondisi track yang penuh bebatuan, pasir, dan tanah. Ada 24 ban yang disediakan Michellin dalam reli Italia ini. Enam mekanik membantu Subhan Aksa dari balik layar, mengutak-atik ban dan mesin. (Robert Adhi Ksp melaporkan dari Olbia, Sardinia, Italia)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com