Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VivoTab, Trio "Convertible" Windows 8 dari Asus

Kompas.com - 30/10/2012, 10:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di samping komputer desktop dan notebook konvensional, sistem operasi Windows 8 juga tersedia di perangkat -perangkat convertible yang memadukan konsep tablet dan notebook dalam satu kemasan.

Salah satunya berasal dari Asus yang memperkenalkan keluarga VivoTab dalam sebuah acara di Jakarta hari Senin (29/10/2012) kemarin.

"Produk ini sekilas terlihat sama dengan seri Transformer dari Asus, tetapi kami menggunakan nama Vivo yang menandakan bahwa produk tersebut  berbasis Windows 8," ujar Manager Produk dan Marketing Asus Indonesia Juliana Cen.

Terdapat tiga model perangkat convertible notebook-tablet VivoTab yang akan diluncurkan di tanah air. Masing-masing dibedakan oleh jenis platform sistem operasi dan perangkat docking keyboard yang digunakan.

Model pertama adalah VivoTab TF810 yang menduduki posisi teratas dalam hierarki produk ini. Tablet tersebut memiliki bentang layar 11,6 inci dengan ketebalan 8,7 mm dan bobot 675 gram.

Asus juga menambahkan stylus Wacom Digitizer yang dapat digunakan untuk menggambar atau menulis di atas permukaan layar VivoTab.

Perangkat ini tersambung ke keyboard tambahan melalui metode "docking" di mana layar dikoneksikan dengan engsel khusus yang akan meneruskan input dari touchpad dan keyboard ke perangkat utama.

Asus-7
Asus VivoTab RT TF600, perangkat tablet convertible dengan keyboard docking (gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Adapun semua komponen internal VivoTab, termasuk prosesor dual-core Intel 1,8GHz, RAM 2 GB, dan SSD 64 GB seluruhnya tertanam di unit layar sehingga VivoTab bisa difungsikan layaknya tablet tanpa memakai keyboard.

Di bawah VivoTab TF810, ada Asus VivoTab RT TF600 yang mengandalkan prosesor NVIDIA Tegra 3 berbasis ARM. Sistem operasi yang digunakan pun adalah Windows RT. Metode penyambungan dengan keyboard sama-sama menggunakan docking.

Terakhir, Asus menyediakan VivoTab Smart ME400 yang menggunakan hardware Intel dan sistem operasi Windows 8. Berbeda dengan dua saudaranya, perangkat ini menggunakan keyboard model sleeve yang disatukan dengan casing. Konsepnya sedikit mirip dengan tablet Surface dari Microsoft.

Menurut Juliana, ketiga produk ini akan resmi diluncurkan pada kuartal keempat 2012 bersama satu produk hybrid lainnya, Asus Taichi.

Dia mengatakan, di masa depan Asus akan lebih berkonsentrasi mengembangakan perangkat Windows 8 semacam ini. "Kami memiliki harapan terhadap Windows 8 sebagai pendorong industri.Tetapi perangkat yang lebih konvensional, seperti notebook tanpa touchscreen dan menggunakan sistem operasi Windows 7, akan tetap tersedia untuk konsumen yang membutuhkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com