Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2012, 15:05 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

msdn Screenshot Windows Store

JAKARTA, KOMPAS.com — Bersama dengan Windows 8, Microsoft meluncurkan toko aplikasi Windows Store di mana para pengguna Windows 8 bisa memperoleh aplikasi-aplikasi yang didesain khusus untuk sistem operasi terbaru Microsoft ini.

Pembelian aplikasi-aplikasi berbayar di toko aplikasi ini, menurut Business Group Leader Windows Microsoft Indonesia Lucky Gani, bisa dilakukan dengan mata uang rupiah.

"Cukup dengan mengganti setting region di bagian menu ke 'Indonesia', harga aplikasi pun tertera dalam mata uang rupiah," ujar Lucky ketika ditemui di sela-sela acara peluncuran notebook Asus VivoBook di Jakarta, Senin (29/10/2012).

Aplikasi khusus Windows 8 yang disediakan dalam Windows Store pada hari peluncurannya berjumlah 7.873 judul. "Tapi, jumlah tersebut berbeda-beda untuk masing-masing region. Untuk Indonesia ada angka sendiri, termasuk judul-judul yang dibuat developer lokal," jelas Lucky tanpa merinci jumlah aplikasi lokal yang tersedia di toko aplikasi ini.

Windows Store hanya bisa diakses oleh komputer dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows RT yang merupakan varian Windows 8 untuk tablet ARM.

Menurut Lucky, nantinya aplikasi yang tersedia di Windows Store bisa berjalan di kedua jenis sistem operasi itu dan Windows Phone 8. "Soalnya, ketiga platform tersebut berbagi API (application programming interface) yang sama."

Untuk saat ini, Windows Phone memiliki toko aplikasi berbeda dengan nama Phone Store, tetapi Lucky menambahkan bahwa smartphone berbasis Windows Phone 8 nantinya juga akan memiliki akses ke Windows Store. "Jadi, developer aplikasi bisa mendistribusikan aplikasi ke tiga platform berbeda cukup dengan hanya sekali bekerja," katanya.

Berita terkait seputar Windows 8 dan Windows Phone 8 dapat diikuti di liputan khusus "Windows 8".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.