Inilah Jajaran Ponsel Windows Phone 8

Kompas.com - 30/10/2012, 19:27 WIB
EditorReza Wahyudi

Smartphone berbasis Windows Phone 8, HTC 8X.

KOMPAS.com - Microsoft resmi meluncurkan Windows Phone (WP) 8 pada hari Senin (29/10/2012). Bersamaan dengan peluncuran platform baru ini, smartphone berbasis WP8 sudah boleh beredar di pasaran.

Tercatat baru ada empat perusahaan yang menyatakan kesiapannya dalam menghadirkan smartphone berbasis WP8. Ke-empatnya adalah Nokia, Samsung, HTC, dan Huawei,

Nokia menjadi perusahaan yang paling banyak menyiapkan seri smartphone berbasis WP8. Perusahaan asal Finlandia tersebut akan segera menghadirkan Lumia 920 untuk kelas high end, Lumia 822, Lumia 820, dan Lumia 810 untuk kelas mid range.

Sedangkan HTC memiliki dua seri WP8, yaitu HTC Windows Phone 8X yang mengisi level high end dan 8S untuk kelas mid end.

Samsung dan Huawei masing-masing memiliki sebuah seri WP8, Samsung dengan Ativ S I8750, dan Huawei dengan W1.
htc-samsung-nokia
Secara garis besar, HTC, Samsung, dan Nokia menghadirkan spesifikasi yang mirip di smartphone WP8 seri teratasnya. HTC Windows Phone 8X, Samsung Ativ S, dan Nokia Lumia 920, sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 MSM 8960 1.5GHz dual-core.

Ketiganya juga menggunakan layar dengan ukuran yang tidak terpaut jauh, HTC WP8X dengan layar sebesar 4,3 inci, Ativ S dengan ukuran 4,8 inci, dan Lumia 920 dengan 4,5 inci.

Untuk perbandingan detail spesifikasi di antara ketiganya, Anda bisa mengunjungi link berikut ini.

Semua smartphone tersebut memang belum hadir di pasaran saat ini. Namun, kemungkinan besar semua perangkat tersebut akan hadir di waktu yang berdekatan pada bulan November mendatang.

 

Berita terkait seputar Windows 8 dan Windows Phone 8 dapat diikuti di liputan khusus "Windows 8".

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X