Kompas.com - 31/10/2012, 14:29 WIB
EditorReza Wahyudi

engadget

KOMPAS.com - Sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8 akhirnya resmi dirilis pada 29 Oktober 2012. Pada bulan November mendatang, para produsen ponsel mulai menawarkan produk Windows Phone 8 di pasar global.

Sebenarnya Microsoft punya pengalaman cukup panjang dalam bisnis sistem operasi ponsel. Bisnisnya dimulai dari Pocket PC, beralih ke Windows Mobile, dan sekarang mengusung nama Windows Phone.

KompasTekno akan membawa Anda bernostalgia dalam sejarah singkat ponsel Windows dan tampilan antarmukanya.

1. Pocket PC
1 - Pocket PC
Pocket PC 2000 pertama kali muncul pada tahun 2000 (kode nama Rapier), yang menggunakan inti program (kernel) Windows CE. Perangkat dengan Pocket PC disebut-sebut sebagai komputer dalam genggaman.

Kala itu, ada perangkat Pocket PC yang didesain dengan papan ketik ukuran kecil berformat QWERTY, dan dilengkapi dengan pena stylus untuk menavigasi layar.

Pocket PC sudah dapat melakukan beberapa kemampuan yang ada di komputer pribadi. Microsoft mempersilakan pihak ketiga dalam mengembangkan aplikasi untuk Pocket PC.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Oktober 2001, Microsoft mengumumkan Pocket PC 2002 (kode nama Merlin). Versi ini mengakhiri penggunaan nama Pocket PC pada sistem operasi telepon genggam Microsoft.

2. Windows Mobile
2 - Windows Mobile
Sebelum Windows Phone ada, sistem operasi ponsel pintar besutan Microsoft diberi nama Windows Mobile. Nama ini pertama kali diusung pada 2003. Microsoft mempersilakan produsen ponsel pintar lain untuk mengadopsi Windows Mobile.

Penamaan Windows Mobile dimulai dari Windows Mobile 2003, Windows Mobile 2003 SE, Windows Mobile 5, Windows Mobile 6, Windows Mobile 6.1, dan terakhir pada September 2009, adalah Windows Mobile versi 6.5.

3. Evolusi tampilan antarmuka sistem operasi Windows Mobile
3 - Evolusi tampilan antarmuka Windows Mobile

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.