Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon "Buka Pintu" untuk Gadget Selain BlackBerry

Kompas.com - 01/11/2012, 07:37 WIB

 

ilustrasi via apple.com dan blackberry.com

 

KOMPAS.com — Departemen Pertahanan Amerika Serikat dilaporkan telah membuka kesempatan bagi perusahaan yang bisa menawarkan peranti lunak untuk mengawasi, mengatur, dan menerapkan keamanan pada perangkat Apple dan Google.

Hal itu dilakukan dengan maksud agar militer Amerika Serikat bisa mulai menggunakan perangkat seperti iPhone ataupun ponsel Android secara resmi dan aman.

Ini merupakan hal baru bagi Pentagon karena selama beberapa tahun, pihak militer AS sangat mengandalkan perangkat BlackBerry dari Research In Motion.

Terbukanya kesempatan bagi perangkat non-BlackBerry itu terjadi sejak 22 Oktober 2012, bersamaan dengan keputusan Bea Cukai AS untuk tidak menggunakan BlackBerry dan beralih ke iPhone.

Bedanya, sejauh ini militer AS belum mendapatkan "pengganti" BlackBerry. Diperkirakan, kontrak baru bagi penyedia jasa pengaman gadget non-BlackBerry baru akan terbuka pada April 2013.

Seperti diberitakan oleh Reuters, Departemen Pertahanan AS berharap bisa menggunakan teknologi mobile yang lebih baru demi memanfaatkan aplikasi yang lebih inovatif untuk kebutuhan mereka.

Namun, juru bicara Pentagon menegaskan ini bukan berarti mereka meninggalkan BlackBerry sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com