Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Terbang Jauh Tinggalkan iOS

Kompas.com - 05/11/2012, 08:30 WIB

Aditya Panji/KOMPAS.com Android Nation, toko gadget Android yang terletak di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta

KOMPAS.com - Android terus mendominasi pasaran smartphone dunia, jauh meninggalkan Apple dengan iOS-nya. Menurut hasil riset pasar IDC, sistem operasi yang memiliki logo robot hijau tersebut berhasil menguasai 75 persen pasaran smartphone dunia pada kuartal ke-3 tahun fiskal 2012 yang lalu.

Di kuartal 3 tahun 2012, ada sekitar 136 juta smartphone berbasis Android yang dikapalkan. Angka tersebut meningkat drastis dari kuartal yang sama tahun lalu, di mana hanya ada 71 juta perangkat Android yang dikapalkan ke seluruh dunia.

Total terdapat 181 juta unit smartphone yang dikapalkan pada kuartal 3 tahun 2012 lalu.

"Android telah menjadi salah satu mesin pertumbuhan utama dari pasar smartphone sejak diluncurkan pada tahun 2008 silam," kata Ramon Llamas, Mobile Phones Research Manager IDC, seperti dikutip dari Cnet (2/11/2012).

Masih menurut IDC, nilai pangsa pasar tersebut meningkat 91,5 persen, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pada saat itu, Android hanya menguasai 57,5 persen pangsa pasar dunia.

idc-smartphone
"Kombinasi antara vendor smartphone, mobile operator, dan end-user telah mendorong volume pengiriman yang lebih tinggi," jelas Llamas.

Bagaimana dengan iOS? Sistem operasi mobile buatan Apple tersebut memang hanya berada satu ranking di bawah Android. Namun, jumlah market share di antara keduanya berbeda jauh.

Apple hanya berhasil mengapalkan 26,9 juta perangkat berbasis iOS di kuartal tersebut. Dengan jumlah tersebut, Apple hanya berhasil menguasai 14,9 persen market share.

Sebenarnya, Apple mengalami juga peningkatan dalam masalah market share, di mana tahun lalu perusahaan yang berpusat di Cupertino hanya berhasil mengapalkan 17,1 juta perangkat atau 13,8 persen market share.

Menurut IDC, hanya Android dan iOS saja yang berhasil mendapatkan market share sebanyak double digit.

BlackBerry ada di peringkat ke-tiga dalam laporan yang diberikan oleh IDC ini. Sistem operasi yang dikembangkan oleh Research In Motion ini menguasai 4,3 persen market share dengan jumlah pengapalan produk sebanyak 7,7 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com