Pencuri "Game" Buatan Indonesia Akhirnya Menyerah

Kompas.com - 06/11/2012, 07:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


JAKARTA, KOMPAS.com — Pengembang game Elventales asal Surabaya jadi korban pencurian. Game berjudul Chase Burger dicuri dan diubah judulnya jadi Hungry Chase, lalu ditaruh di toko aplikasi Apple App Store dan Google Play. Setelah dikirim surat peringatan, pelaku pembajakan akhirnya menghapus game tersebut.

Game itu dicuri oleh May Game asal China, yang merilisnya pada akhir Oktober 2012. Di App Store, Hungry Chase diterbitkan atas nama Zhang Huimei. Dalam game tersebut masih terpampang teks dan logo Elventales Games.

Dalam kolom review game Hungry Chase di App Store, beberapa orang telah meninggalkan komentar untuk memberi tahu bahwa Hungry Chase adalah game curian dari Indonesia.

Review game Hungry Chase di App Store

Melihat game-nya dicuri, CEO Elvantales Mahdi Basroni Rizal mengirim surat peringatan lewat e-mail kepada May Game (ke alamat maygame2012@gmail.com). Namun, ia sengaja tak langsung melaporkannya ke pihak Apple maupun Google.

"Jam 3 sore saya lihat game itu masih ada. Lalu sekitar jam 8 malam saya cek lagi, Hungry Chase sudah dihapus dari App Store dan Google Play," kata Mahdi kepada KompasTekno, Senin (5/11/2012) malam.

Hingga kini, lanjut Mahdi, pihak May Game belum membalas surat peringatan itu. "Saat ini kasusnya sudah kami anggap selesai, kecuali kalau mereka melakukan hal seperti itu lagi," tambah Mahdi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejatinya, Elventales membuat Chase Burger hanya untuk ponsel Nokia dan platform flash. Menurut Mahdi, kemungkinan besar May Game mencurinya dari Chase Burger versi flash. "Format flash memang gampang dibongkar. Lalu May Games mencuri aset dan mengemasnya lagi untuk Android dan iOS dengan judul Hungry Chase," jelasnya.

Chase Burger mengisahkan perjuangan tokoh utama mengejar burger miliknya yang terbawa tentara musuh. Pemain hanya perlu meloncat atau meluncur di lantai karena tokoh protagonisnya secara otomatis terus berlari. Game ini terinspirasi dari Canabalt.

Chase Burger merupakan game yang masuk nominasi babak final kompetisi Mobile Games Developer War 3 yang diselenggarakan Nokia di Yogyakarta, Mei lalu. Elventales sendiri pernah meraih juara 2 dalam Mobile Games Developer 2 berkat game berjudul Sky Express.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.