Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penamaan Pulau di Apple Maps Bikin Murka

Kompas.com - 06/11/2012, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Layanan peta digital Apple Maps memang banyak dikritik penggunanya. Namun, siapa yang sangka layanan ini membuat rakyat dan pejabat Korea Selatan marah terkait sengketa kedaulatan pulau yang terletak di antara perairan Korea Selatan dan Jepang.

Media massa The Korea Times, melaporkan bahwa pemerintah Korea Selatan kesal dengan Apple Maps karena menggunakan nama lain untuk pulau Dokdo.

Pulau yang sedang disengketakan oleh Korea Selatan dan Jepang itu, oleh Apple Maps bisa diidentifikasi dengan kata kunci Dokdo (bahasa Korea), Takeshima (bahasa Jepang), bahkan Liancourt Rocks (bahasa Inggris)

Pemerintah Korea Selatan menginginkan agar Apple Maps hanya mengidentifikasi pulau tersebut dengan nama Dokdo.

"Kami protes ke unit Apple di Korea, karena Dokdo jelas-jelas merupakan bagian internal wilayah kami, referensi baru ini tidak dapat diterima dan Dokdo harus ditandai dengan penamaan Korea di manapun pencariannya," ujar seorang pejabat Korea Selatan.

"Meskipun Apple adalah organisasi swasta, ini merupakan masalah bagi pemerintah Korea Selatan dan kita tidak boleh kebobolan."

Antara Korea Selatan dan Jepang, masih bersengketa soal kedaulatan pulau tersebut. Pulau ini terdiri atas 2 pulau besar dan 35 pulau kecil.

Pemerintah Jepang pun bersikeras mengklaim bahwa pulau-pulau itu masuk dalam wilayahnya, dan terus menekan penggunaan nama Takeshima.

Tak hanya Apple yang diprotes oleh pemerintah dan rakyat Korea Selatan, layanan peta Google Maps juga diminta menggunakan nama Dokdo untuk pulau-pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com