Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDC: iPad Masih Rajai Pasar Tablet

Kompas.com - 06/11/2012, 16:43 WIB

Apple Apple iPad Mini

KOMPAS.com — iPad masih merajai pangsa pasar (market share) perangkat komputer tablet dunia pada kuartal III tahun fiskal 2012 yang lalu.

Dari 27,8 juta perangkat tablet yang dikapalkan ke seluruh dunia pada kuartal ini, menurut IDC, Apple berhasil mengirimkan 14 juta perangkat iPad secara global.

Dengan jumlah pengapalan tersebut, Apple menguasai 50,4 persen market share.

Nilai market share tersebut sebenarnya menurun jauh, jika dibandingkan kuartal II yang lalu. Pada saat itu, Apple merajai pasaran tablet dengan market share sebesar 65,5 persen.

"Setelah kuartal dua yang sangat kuat, Apple melihat pertumbuhan tablet yang mulai melambat, pengapalan produk untuk konsumer dan komersial (termasuk pendidikan) menurun, dan rumor terhadap iPad Mini mulai memanas," kata Tom Mainelli, Research Director, Tablet, IDC.

Menurut Mainelli, iPad 4 dan iPad Mini merupakan salah satu alasan mengapa penjualan perangkat tablet Apple melambat di kuartal III. Konsumen lebih menunggu hadirnya perangkat tersebut di pasaran, sebelum memutuskan membeli perangkat ini.

Masih menurut Mainelli, di kuartal ini para vendor perangkat tablet memiliki kesempatan yang baik untuk menyalip Apple.

idc-tablet-q3-2012

"Kami percaya, dengan harganya yang relatif tinggi untuk iPad mini ini, 329 dollar AS, membuat banyak ruang untuk vendor Android membangun kembali keberhasilan yang dicapai pada kuartal tiga," lajut Mainelli.

Samsung, perusahaan asal Korea Selatan, berada di posisi kedua market share perangkat tablet dunia. Samsung yang berhasil mengapalkan 5,1 juta unit tablet, berhasil meraih 18,4 persen market share global untuk perangkat tablet.

Sedangkan Amazon ada di peringkat ketiga dengan jumlah unit yang dikapalkan sebanyak 2,5 juta. Amazon berhasil mendapatkan 9 persen market share dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com