Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2012, 18:16 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Wicak Hidayat/Kompas.com

 

KOMPAS.com - Untuk menggunakan sebuah aplikasi, pengguna perangkat Android bisa mengunduhnya dari mana saja, tidak harus melalui Google Play Store.

Pengguna Android memang lebih bebas dibandingkan iOS dalam masalah download aplikasi. Berbeda dengan pengguna iOS yang harus melalui Apple App Store.

Walaupun diberikan kebebasan, tetap saja Google lebih menyarankan para penggunanya untuk men-download aplikasi melalui toko aplikasi digital resmi Google. Mengapa? Penyedia aplikasi pihak ketiga banyak yang menyediakan aplikasi-aplikasi berbahaya yang menyamar sebagai aplikasi resmi.

"Kebebasan" inilah yang menjadi perhatian utama, jika tak mau disebut kelemahan, dari sistem operasi Android.

Untuk mengurangi dampak dari kebebasan tersebut, Google di Android 4.2 diam-diam memasukkan sebuah fitur yang dijamin dapat memperkuat keamanan dari sistem operasi terbaru ini.

Fitur baru ini mampu melakukan scan terhadap aplikasi apa saja yang di-install dari pihak ketiga dan juga dari Google Play Store.

Saat pertama kali pengguna meng-instal sebuah aplikasi, sistem Android akan secara otomatis mengeluarkan sebuah peringatan. Peringatan tersebut akan menanyakan kepada penggunanya apakah mereka ingin melakukan pengecekan aplikasi atau tidak.

android-42-security-verify-apps

(gambar: Computer World)

Secara otomatis sistem akan mengirimkan informasi tentang aplikasi tersebut kepada server Google. Server kemudian akan bekerja untuk menganalisis informasi dan membandingkannya dengan data yang ada.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.