Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat: Android dan iPhone Boros, BlackBerry Hemat

Kompas.com - 07/11/2012, 14:46 WIB

Logo Apple di iPhone bisa menyala
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan operator seluler Indosat menyatakan pelanggan datanya  yang menggunakan ponsel pintar Android dan iPhone memakan lebih banyak kuota data dibandingkan pelanggan BlackBerry.

Menurut Sharif Mahfoedz, Division Head Mobile Data Segment Indosat, pengguna Android bisa menghabiskan data 700MB sampai 800MB per bulan, dan iOS sebesar 750MB sampai 775MB per bulan. Sedangkan pelanggan BlackBerry menghabiskan 400MB per bulan.

Perbedaan penggunaan data BlackBerry dengan pengguna Android dan iOS hampir dua kali lipat.

"Penggunaan data per bulan ini biasanya digunakan untuk unduh aplikasi dan streaming video. Kalau pengguna BlackBerry kebanyakan memakai layanan BBM (BlackBerry Messenger-red)," kata Sharif di kantor pusat Indosat, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Ia mengatakan, pelanggan BlackBerry masih yang terbanyak, tapi kenaikan penggunaan datanya tidak signifikan. Sementara pengguna Android dan iOS, terus berkembang dan penggunaan layanan datanya juga tumbuh cepat.

Pada kuartal 3 tahun 2012, pelanggan data Indosat ada 20% atau sekitar 11,1 juta dari total pelanggan Indosat sebesar 55,5 juta.

Untuk meningkatkan layanan data, Indosat telah mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada 31 Agustus 2012, untuk menggelar jaringan 3G di spektrum frekuensi 900MHz. Layanan ini telah dikomesialisasikan di wilayah wilayah Padang dan Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Sharif mengatakan, layanan 3G di frekuensi 900MHz akan diperluas ke kota-kota besar. Namun, ia tak menyebut kota mana saja yang ditargetkan dan kapan hal itu bakal direalisasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com