Kompas.com - 08/11/2012, 09:15 WIB
EditorReza Wahyudi

techcrunch.com

KOMPAS.com — Seakan tak mau tertinggal oleh Twitter yang baru beberapa hari lalu dikabarkan bakal mengusung filter foto retro ala Instagram, Facebook telah lebih dahulu menerapkan fitur serupa di aplikasi utamanya di platform iOS.

Sang empunya Instagram itu sebenarnya sudah memiliki aplikasi kamera sendiri bernama Facebook Camera, tetapi jumlah penggunanya jauh lebih kecil dibandingkan pengguna aplikasi utama Facebook pada iOS.

Selengkapnya, fitur baru yang datang dengan paket update aplikasi ke versi 5.1 ini memuat 14 jenis filter, yaitu Contrast, Cool, Light, Emerald, Bright, Golden, Copper, Rouge, Cream, Coffee, Highlight, Boost, Neon, dan B+W.

Untuk menerapkannya, pengguna cukup memilih sebuah foto dalam koleksi dan klik ikon magic wand yang muncul di bagian bawah layar.

facebookfilters
Fitur filter foto retro di aplikasi Facebook untuk iOS (gambar: petapixel.com)

Update terkini itu juga menyertakan fasilitas upload banyak foto sekaligus dari Facebook Camera ke aplikasi utama Facebook.

Bersaing dengan Twitter

Meski telah mencuri start, Facebook masih memiliki keunggulan dalam hal editing foto ala Instagram berupa pilihan filter yang lebih luas. Situs microblogging populer itu dikabarkan bakal turut menyediakan opsi filter yang meniru efek film tua seperti Sepia dan Kodachrome dari dekade 1960-an.

Twitter sendiri disinyalir sedang berusaha meredam popularitas Instagram setelah gagal membeli aplikasi photo sharing tersebut lebih dulu dari Facebook.

Rencana Twitter menyediakan filter foto kabarnya dimaksudkan agar pengguna Twitter tak lagi harus memanfaatkan Instagram untuk memodifikasi foto.

Sebelumnya, pada Juli lalu, Twitter telah pula memblokir fitur "Find Friends on Twitter" dari Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.