Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Android Lebih Doyan "Roti Jahe" atau "Es Krim"?

Kompas.com - 08/11/2012, 11:58 WIB

darlowdesign.com


KOMPAS.com Hasil sebuah penelitian tentang aplikasi berbahaya dan Android yang dirilis oleh firma keamanan cyber Kaspersky awal bulan ini mengungkapkan bahwa Android yang paling banyak diserang malware adalah versi 2.3 Gingerbread alias "roti jahe".

Menurut data dari Kaspersky Security Network, dari sekitar 1,3 miliar ancaman software berbahaya di platform Google tersebut yang berhasil diblokir Kaspersky di kuartal ketiga tahun ini, sebanyak 28 persen menyasar Android versi 2.3.6.

Jumlah tersebut adalah yang terbanyak di antara versi-versi Android lainnya. Urutan kedua ditempati "Ice Cream Sandwich" (versi 4.0.4 alias "sandwich es krim") yang menjadi target 22 persen serangan.

Hal tersebut relatif tidak mengejutkan karena Gingerbread masih menjadi versi Android yang paling banyak digunakan saat ini, menurut data pengunjung Google Play Store.

Menanggapi banyaknya jumlah malware yang menyerang Android, Google telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan sistem operasi itu.

Upaya Google, antara lain, adalah menerapkan sejumlah fitur sekuriti baru di versi terakhir Android (4.2, Jelly Bean) untuk mencegah instalasi program yang mengandung malware. Sementara Google Play Store memiliki fitur "Bouncer" yang bertugas menyaring aplikasi-aplikasi berbahaya agar jangan sampai beredar dalam ekosistem Android.

Secara keseluruhan, Kaspersky mencatat penurunan signifikan dari jumlah ancaman malware di Android dari 14.923 di kuartal kedua menjadi 9.130 di kuartal ketiga 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com