Militer

Bocorkan Rahasia untuk "Video Game", Tujuh Anggota SEALS Dihukum

Kompas.com - 09/11/2012, 13:09 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Tujuh anggota pasukan elite Navy SEALS dijatuhi sanksi karena dianggap membocorkan rahasia militer ketika mereka menjadi konsultan pembuatan video game "Medal of Honor: Warfighter", Kamis (8/11/2012) waktu AS.

"Mereka sudah menerima surat pemberitahuan yang isinya berisi teguran dan pemotongan setengah bulan gaji selama dua bulan mendatang," ujar seorang perwira AL AS yang tak ingin disebut namanya.

Menurut laporan stasiun televisi CBS, ketujuh orang ini adalah anggita SEAL Tim Six yang terkenal dengan operasi pembunuhan Obama bin Laden, 1 Mei 2011. Namun, AL AS enggan memberi konfirmasi atas klaim ini.

Permainan yang diproduksi Electronic Arts (EA) ini memang tidak menggambarkan operasi penangkapan Osama bin Laden. Namun, permainan ini menggambarkan teknik-teknik operasi militer sesungguhnya.

EA kemudian mengklaim bahwa video game ini dikembangkan dengan bantuan anggota pasukan komando baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun demi menciptakan sebuah permainan yang atraktif dan serealistis mungkin.

Sejauh ini belum jelas rahasia semacam apa yang dibocorkan para tentara itu. Meski demikian, Kemenhan AS memastikan sebuah penyelidikan masih berlangsung untuk mengungkap lebih banyak pelaku lagi.

Wakil Komandan Kesatuan Khusus AL Laksamana Muda Garry Bonelli mengatakan, militer AS menangani semua kasus seperti ini dengan serius.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.