"Tablet Canggih Lebih Dilirik Ketimbang PC Murah"

Kompas.com - 12/11/2012, 10:31 WIB
EditorReza Wahyudi

NVIDIA

KOMPAS.com -  Banyaknya pilihan perangkat komputasi membuat konsumen lebih selektif dalam memilihnya. Saat ini, konsumen dianggap telah menyadari bahwa perangkat tablet dengan performa tinggi lebih baik daripada PC yang berharga murah berkinerja rendah.

Pendapat tersebut datang dari Chief Executive Nvidia Jen-Hsun Huang, perusahaan yang bekecimpung dalam pasar PC dan perangkat mobile sekaligus, dalam conference call dengan sejumlah analis pada Kamis (8/11/2012).

Seperti dikutip Venture Beat, Huang mengungkapkan bahwa, dalam kuartal fiskal tiga yang berakhir 28 Oktober lalu, 30 persen pemasukan Nvidia disumbang oleh produk-produk non-PC. Tiga tahun lalu, kontribusinya cuma 3 persen.

Prosesor mobile seri Tegra dari Nvidia sukses meraih pelanggan di pasar tablet dan smartphone. Kuartal lalu, Nvidia mencatat pemasukan bersih 209,1 juta dollar AS atau 33 sen per lembar saham, naik dari 178,3 juta dollar AS atau 29 sen per lembar saham setahun sebelumnya.

Huang mengakui, pesanan chip Tegra untuk perangkat Android Google dan tablet Microsoft Surface membantu menutup kehilangan pendapatan perusahaan itu, terkait pasar PC yang menurun. Chip Tegra buatan Nvidia antara lain juga dipakai di perangkat-perangkat tablet baru dari Lenovo dan Asus.

"Fundamental kami berada pada titik terbaik saat ini. Kami meningkatkan pangsa pasar. PC sedang tidak pasti, kami akan berhati-hati merencanakan langkah ke depan," ujar Huang.

Huang juga menambahkan bahwa Nvidia cukup berhasil dengan seri chip grafis "Kepler" miliknya yang digunakan di komponen PC. Produk ini berhasil mengikis pangsa pasar saingan Nvidia, Advanced Micro Devices atau AMD.

Sejauh ini, 70 persen pemasukan bisnis Nvidia masih disumbang oleh komponen PC, tetapi sektor itu sedang menurun sementara smartphone dan tablet terus tumbuh.

Terkait soal konsumen yang lebih memilih tablet bagus ketimbang PC murah, Huang mengatakan bahwa produk mobile Nvidia tak mengancam saudaranya di pasar PC. "Sebab, kami tak bermain di segmen PC murah."

NVIDIA terutama dikenal lewat gaming PC, di mana pengguna melengkapi komputer mereka dengan pemroses grafis super kencang yang jauh lebih baik dibandingkan konsol game saat ini.

Sebagai bagian dari rencana masa depannya untuk produk prosesor mobile, Nvidia giat berinvestasi di teknologi 4G LTE. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.