Kompas.com - 12/11/2012, 11:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Portfolio paten Apple bertambah luas dengan tambahan sebuah hak cipta atas hal yang mungkin terdengar konyol, desain sudut membulat pada gadget.

Paten nomer D670,286 yang diajukan Apple pada 2010 lalu itu disahkan oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat  pada 6 November lalu, dengan deskripsi sebagai "desain ornamental untuk perangkat display portable".

Seperti yang bisa dilihat pada ilustrasi, gambaran Apple tentang desain "sudut membulat" tak lain didasarkan pada rancangan tablet iPad generasi pertama.

Dengan demikian, apakah semua produsen gadget yang membuat tablet dengan "sudut membulat" mirip iPad terancam bakal dituntut Apple?

Ternyata tidak juga. Pasalnya, meski kebanyakan mengusung desain yang mirip, paten tersebut menyebutkan bahwa desain yang dimaksud terletak pada sisi luar pinggiran gadget.

Dalam keterangan ilustrasi, wilayah tempat berlakunya paten tersebut digambarkan dengan garis tegas - bukan yang terputus-putus.

Paten ini pun sangat mungkin digugurkan dalam pengadilan karena kurang spesifik. Lebih lanjut, paten ini hanya berlaku untuk tablet dengan rasio display 4:3 seperti yang dipakai iPad, sementara kebanyakan tablet lain (Android) memakai aspect ratio 16:9 atau 16:10.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilansir oleh PhoneArena, hal yang paling menarik justru fakta bahwa Apple berhasil mematenkan desain "sudut membulat" tersebut meski sebelumnya dikira mustahil. Ini memicu pertanyaan soal perlunya mengubah metode evaluasi paten oleh Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat.Apple-patents-the-rounded-rectangle (1) Apple-patents-the-rounded-rectangle (2) Apple-patents-the-rounded-rectangle (3) Apple-patents-the-rounded-rectangle (4) Apple-patents-the-rounded-rectangle

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.