Dua Tahun Berseteru, HTC dan Apple Akhirnya Damai

Kompas.com - 12/11/2012, 14:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Setelah dua tahun berseteru, Apple dan HTC telah bersedia untuk berdamai. Berdasarkan pernyataan resmi kedua perusahaan tersebut, Sabtu (10/11/2012), HTC dan Apple telah mengumumkan perjanjian paten secara global dan juga perjanjian lisensi setidaknya dalam 10 tahun mendatang.

Pengumuman ini membuat kedua perusahaan tersebut tidak akan bertemu kembali di pengadilan hingga 2022 mendatang.

Dengan adanya pengumuman damai ini, maka Apple dan HTC resmi mencabut semua tuntutan mereka yang ada di pengadilan.

Tim Cook, CEO Apple, menyambut baik perjanjian di antara keduanya ini.

"Kami gembira telah mencapai kesepakatan dengan HTC. Kami akan kembali fokus ke masalah inovasi produk," kata Cook.

Senada dengan Cook, Peter Chou, CEO HTC, juga menyatakan kegembiraannya terhadap hasil yang didapatkan tersebut.

"HTC bahagia karena sengketa dengan Apple telah selesai, HTC pun dapat lebih fokus terhadap inovasi, bukan proses pengadilan," kata Chou.

Kisah perseteruan antara Apple dan HTC dimulai sejak tahun 2010 yang lalu. Dalam kurun waktu 2 tahun ini, Apple secara total telah menuduh HTC melanggar 20 hak paten terhadap sistem operasi mobile mereka, iOS.

HTC sendiri tidak tinggal diam dalam menghadapi tuntutan Apple tersebut. Perusahaan asal Taiwan ini telah memasukkan berkas tuntutan mereka ke pengadilan. HTC menuduh Apple melanggar dua hak paten mereka mengenai transfer data berukuran besar lewat jaringan 4G LTE (Long Term Evolutin). HTC menuduh Apple telah melanggar hak patennya tersebut lewat produk New iPad atau yang lebih dikenal dengan nama iPad 3.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X