Kompas.com - 13/11/2012, 07:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com — Research In Motion (RIM) akhirnya mengungkap tanggal perilisan sistem operasi dan perangkat BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Pada kesempatan itu, RIM akan menggelar beberapa acara peluncuran secara global.

Ada dua model perangkat BlackBerry 10 yang akan dikenalkan, satu model layar sentuh penuh dan satu lagi dengan papan ketik fisik. Selain itu, RIM juga akan menjelaskan rincian lengkap tentang fitur BlackBerry 10.

"Berkat kemitraan yang kuat dengan operator seluler global dan ekosistem pengembang aplikasi, kami yakin pelanggan akan mendapat pengalaman terbaik dengan BlackBerry 10," kata CEO RIM Thorsten Heins dalam sebuah pernyataan, Senin (12/11/2012).

Sejak Oktober lalu, perangkat BlackBerry 10 mulai diuji coba oleh 50 operator seluler di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Sistem operasi ini pertama kali diumumkan RIM pada akhir 2011 dengan nama BBX. Karena ada perusahaan lain yang telah memakai nama BBX, dan RIM kalah dalam sengketa merek dagang, sistem operasi ini ganti nama menjadi BlackBerry 10.

Mulanya RIM menjanjikan BlackBerry 10 akan dirilis pada akhir 2012, tetapi RIM menundanya hingga awal 2013. Penundaan ini memberi ruang pada Android dan iPhone untuk semakin mendominasi pasar. Sementara itu, perusahaan asal Kanada ini masih menaruh harapan pada BlackBerry 10 untuk meningkatkan penjualan yang makin terpuruk lantaran banyak pengguna yang beralih ke iPhone dan Android.

Meski demikian, BlackBerry masih digunakan oleh pelanggan setia dari kalangan pebisnis dan instansi pemerintah yang mengutamakan keamanan dalam berkomunikasi.

Perlu diketahui, smartphone yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry OS 7 atau lebih rendah tak dapat di-upgrade ke BlackBerry 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.