Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
100 Hari Jokowi-Basuki

Jokowi Bagi Tugas dengan Basuki

Kompas.com - 13/11/2012, 18:16 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta menjamin tidak aka ada "perceraian" dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Perpecahan kepala daerah, katanya, sering terjadi karena persoalan komunikasi keduanya. Jokowi membagi peran dengan Basuki dengan menyinergikan pola kerja.

"Setiap pagi kami bertemu. Sementara ini Mas Ahok (Basuki) lebih banyak di dalam. Saya di luar. Mungkin nanti polanya bisa berubah setelah berjalan agak lama," kata Jokowi, Selasa (13/11/2012), ketika mendatangi Kantor Redaksi Kompas, Jakarta.

Dia menjamin tidak ada persoalan kekuasaan dengan Basuki. Mengenai pola kerja, menurut dia, tidak ada masalah jika wakil gubernur memiliki tanggung jawab banyak. Sementara keputusan terakhir tetap kembali ke tangan gubernur. "Saya malah senang jika semua pekerjaan saya dibantu," tuturnya.

Sementara ini, Jokowi memang lebih banyak di luar kantor. Kadang mantan Wali Kota Solo ini tidak bertandang ke kantor dan langsung turun ke lapangan. Jadwal dia bekerja di kantor tidak tentu. Bisa pagi sebelum pukul 08.00 atau bahkan baru tiba di kantor pukul 15.00.

Menjelang satu bulan kepemimpinannya, Jokowi ingin melihat persoalan di lapangan secara langsung. Aktivitasnya di luar kantor juga diisi dengan kunjungan ke sejumlah instansi pemerintah di wilayah sekitar Jakarta ataupun pemerintah pusat.

Hari-hari ini, dia sering memanggil satuan kerja perangkat dinas untuk mendengar presentasi program kerja mereka. Keperluannya untuk penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2013. "Saya pastikan tidak akan ada perpecahan sama wakil gubernur," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com