Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apel Seribu Becak di DIY Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 13/11/2012, 19:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Lalu Lintas tahun 2012, Dit Lantas Polda DIY memecahkan rekor dunia dengan mengadakan apel seribu becak di Alun-alun utara Yogya, Selasa (13/11).

Kegiatan apel becak se-Provinsi DIY dimaksudkan sebagai upaya pembinaan sarana transportasi non kendaraan bermotor (nonranmor) guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, terutama becak sebagai aset pariwisata.

Kapolda DIY Brigadir Jenderal Polisi Sabar Raharjo mengatakan, belum pernah ada laporan tentang kecelakaan yang disebabkan oleh becak, karena itu becak harus menjadi pelopor dalam ketertiban berlalu lintas di Yogyakarta.

"Berdasar catatan itulah kami mengajak para pengemudi becak untuk ikut membuat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dan menjadi pelopor keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas," paparnya

Di kesempatan yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan HB X berharap agar setelah apel becak ini para pengemudi becak tidak melanggar peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan penumpang.

"Becak adalah alat transportasi khas Yogyakarta, karena itu kesopanan dalam berlalu lintas tetap harus selalu diutamakan sebagai citra orang Yogya," ungkap Sri Sultan HB X.

Direktur Muri Jaya Suprana dalam sambutannya mengaku terharu dengan kelestarian becak yang ada di Yogyakarta. "Ketika di banyak daerah becak dihapus, namun di Yogyakarta keberadaannya tetap dilestarikan, bahkan menjadi pelopor ketertiban berlalu lintas, ini sungguh luar biasa," ungkapnya.

Ia menambahkan, acara ini bukan lagi memecahkan rekor Muri, namun memecahkan rekor dunia. Piagam rekor dunia apel seribu becak sendiri diserahkan dari Jaya Suprana ke Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan dilanjutkan ke Dir Lantas Polda DIY, Komisaris Besar Bambang Pristiwanto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com