Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Here, Peta Digital "Independen" Buatan Nokia

Kompas.com - 14/11/2012, 08:04 WIB

Here Here, layanan peta digital berbasis komputasi awan buatan Nokia


KOMPAS.com — Nokia memperkenalkan layanan peta digital terbarunya, Here, yang berbasis komputasi awan (cloud computing) pada Selasa (13/11/2012) di San Francisco, AS. Here bisa disebut sebagai layanan peta digital independen dari Nokia karena dirancang untuk semua jenis perangkat dan semua jenis sistem operasi.

Meski dibuat oleh Nokia, bukan berarti Here eksklusif hanya untuk ponsel Nokia. Aplikasi Here akan dirancang untuk sistem operasi mobile iOS, Android, Windows Phone, hingga Firefox OS pada 2013 mendatang. Here juga bisa diakses dari segala macam browser di komputer bersistem operasi Windows dan Mac.

"Banyak orang membutuhkan peta yang baik, dan dengan Here kita bisa menyatukan lokasi yang Nokia tawarkan untuk cara lebih baik dalam mengeksplorasi, menemukan, dan berbagi dunia mereka," kata Presiden dan CEO Nokia Stephen Elop dalam siaran persnya.

Nokia berjanji, Here untuk iOS akan dirilis beberapa pekan mendatang, yang mencakup kemampuan akses offline, panduan navigasi suara, dan arah transportasi publik.

Nokia juga menjalin kerja sama dengan Mozilla untuk membuat Here di sistem operasi mobile Firefox OS pada tahun depan.

Untuk Android, Nokia akan merilis software development kit (SDK) Here untuk para produsen ponsel dan tablet Android di tahun 2013 nanti. Tujuannya, memungkinkan para produsen Android menciptakan aplikasi peta digital yang menggunakan konten Nokia.

Saat ini, Here bisa diakses melalui situs web di alamat www.here.com. Layanan tersebut menggunakan teknologi komputasi awan, yang bisa disinkronisasikan dengan akun Nokia pengguna. Dengan ini, pengguna dapat mengakses data peta pribadi dari perangkat apa pun.

Here juga memanfaatkan penggunaan data yang diserahkan secara kolaboratif oleh penggunanya melalui menu Map Creator. Menu ini mempersilakan pengguna untuk menambah nama jalan atau tempat di sekitarnya, arus lalu lintas, dan sebagainya.

Nokia mengklaim, Here menawarkan proses rendering yang lebih cepat, tetapi penggunaan bandwidth internetnya rendah.

Dari pengalaman KompasTekno mengakses Here dan Nokia Maps dari komputer, kinerja Here memang lebih cepat. Untuk melihat peta dalam tampilan 3D di Here, pengguna tak perlu lagi meng-install plug-in. Meskipun tampilan antarmuka Here dan Nokia Maps di situs web nyaris sama, Here memiliki fitur yang lebih lengkap.

Untuk memperkuat layanan peta digital, Nokia berencana mengakuisisi Earthmine asal Berkeley, California, AS. Teknologi yang dimiliki perusahaan ini akan digunakan untuk mengolah data tampilan 3D di layanan Here. Nokia berharap akusisi Earthmine bisa rampung pada akhir 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com