Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Tawarkan Rujukan Desain Snapdragon S4

Kompas.com - 14/11/2012, 10:40 WIB

Snapdragon S4

JAKARTA, KOMPAS.com - Qualcomm memperkenalkan dua prosesor quad-core Snapdragon S4 Play dan satu prosesor single platform dual core Snapdragon S4 Plus.

Nah, untuk melancarkan jalan ketiga prosesor tersebut ke tangan para OEM (produsen smartphone/ tablet), pabrikan chip ini menawarkan Qualcomm Reference Design (QRD) berisi rancangan untuk membuat perangkat berbasis tiga prosesor itu.

"Dengan menggunakan rancangan dari kami, para OEM bisa menghemat time to market," ujar Country Manager Qualcomm Indonesia Ben Siagian dalam acara perkenalan  ketiga prosesor tersebut di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Dikatakan oleh Ben, rancangan QRD tersebut sebelumnya telah teruji oleh Qualcomm sehingga para produsen perangkat tinggal melanjutkan saja. Teknologi-teknologi yang dipakai, seperti WiFi, Bluetooth, dan konektivitas FM telah lebih dahulu divalidasi.

"Waktu yang diperlukan untuk membuat perangkat pun jadi lebih singkat dibandingkan benar-benar mengembangkan dari awal," tandasnya.

Lebih lanjut, Ben menjelaskan bahwa Qualcomm sudah berhasil menggandeng lebih dari 40 produsen perangkat untuk menggunakan rancangan QRD miliknya. "Kalau model perangkatnya sendiri, sudah mencapai 300-an smartphone dan tablet. Sebanyak 150 lainnya sedang dalam pengembangan."

Tiga prosesor baru Qualcomm yang dilibatkan dalam rancangan itu adalah Snapdragon S4 Play MSM8225Q dan MSM8625Q yang mengusung empat inti (quad-core), serta Snapdragon S4 Plus MSM8930 yang merupakan prosesor dual-core single platform dengan modem LTE terintegrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com