Kompas.com - 14/11/2012, 10:40 WIB
EditorReza Wahyudi

Snapdragon S4

JAKARTA, KOMPAS.com - Qualcomm memperkenalkan dua prosesor quad-core Snapdragon S4 Play dan satu prosesor single platform dual core Snapdragon S4 Plus.

Nah, untuk melancarkan jalan ketiga prosesor tersebut ke tangan para OEM (produsen smartphone/ tablet), pabrikan chip ini menawarkan Qualcomm Reference Design (QRD) berisi rancangan untuk membuat perangkat berbasis tiga prosesor itu.

"Dengan menggunakan rancangan dari kami, para OEM bisa menghemat time to market," ujar Country Manager Qualcomm Indonesia Ben Siagian dalam acara perkenalan  ketiga prosesor tersebut di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Dikatakan oleh Ben, rancangan QRD tersebut sebelumnya telah teruji oleh Qualcomm sehingga para produsen perangkat tinggal melanjutkan saja. Teknologi-teknologi yang dipakai, seperti WiFi, Bluetooth, dan konektivitas FM telah lebih dahulu divalidasi.

"Waktu yang diperlukan untuk membuat perangkat pun jadi lebih singkat dibandingkan benar-benar mengembangkan dari awal," tandasnya.

Lebih lanjut, Ben menjelaskan bahwa Qualcomm sudah berhasil menggandeng lebih dari 40 produsen perangkat untuk menggunakan rancangan QRD miliknya. "Kalau model perangkatnya sendiri, sudah mencapai 300-an smartphone dan tablet. Sebanyak 150 lainnya sedang dalam pengembangan."

Tiga prosesor baru Qualcomm yang dilibatkan dalam rancangan itu adalah Snapdragon S4 Play MSM8225Q dan MSM8625Q yang mengusung empat inti (quad-core), serta Snapdragon S4 Plus MSM8930 yang merupakan prosesor dual-core single platform dengan modem LTE terintegrasi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.