Kompas.com - 15/11/2012, 09:43 WIB
EditorErvan Hardoko

GAZA CITY, KOMPAS.com — Pemimpin militer kelompok militan Palestina, Hamas, Ahmed Jabari, tewas dalam serangan udara Israel di Gaza.

Ahmed Jabari, 46, tewas ketika mobil yang dikendarainya dihantam serangan udara Israel selagi melaju di pusat kota Gaza pada Rabu (14/11/2012).

Dia memegang jabatan sebagai kepala sayap militer Hamas, Ezz El Dine Al Qassam.

Jabari merupakan pejabat Hamas paling senior yang dibunuh Israel sejak Israel menyerbu Gaza empat tahun lalu. Dia sudah lama berada dalam daftar orang yang paling diburu.

Israel menuding Jabari bertanggung jawab atas serangkaian serangan, termasuk penyanderaan tentara Israel, Gilad Schalit, pada 2006.

Wartawan BBC di Gaza, Jon Donnison, melaporkan kematian Ahmed Jabari sontak menimbulkan kemarahan luas di Gaza.

Konfirmasi Israel

Suara tembakan senapan terdengar di mana-mana dan berita kematiannya diumumkan lewat masjid-masjid. Demikian kata Donnison.

"Suasana kacau-balau terjadi di Rumah Sakit Shifa, Gaza," lapor Jon Donnison.

Serangan udara Israel kali ini juga menewaskan sedikitnya satu pejabat lain dari Hamas.

Peristiwa ini dikhawatirkan akan menyulut perang lagi.

Badan intelijen dalam negeri Israel Shin Bet dengan cepat mengukuhkan serangan udara dan mengatakan bahwa Jabari "dihabisi" sebagai hasil operasi gabungan dengan militer Israel.

"Dia adalah komandan paling senior sayap militer Hamas di Jalur Gaza. Sebagai bagian dari status dan aktivitasnya, Jabari bertanggung jawab atas semua kegiatan teroris terhadap Israel dari Gaza selama satu dekade terakhir," ungkap Shin Bet dalam pernyataannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.