Seperti Indonesia, Nigeria Gandrungi BlackBerry

Kompas.com - 15/11/2012, 11:31 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

mashable.com Ilustrasi

 

KOMPAS.com - Masa kejayaan BlackBerry boleh dibilang telah lewat, apalagi jika melihat pangsa pasar global perangkat itu sudah di bawah 5 persen -- menurut laporan kuartal ketiga 2012 dari IDC.

Tapi di negara-negara berkembang seperti benua Afrika, khususnya Nigeria, produk besutan pabrikan Kanada Research in Motion ini masih menjadi raja di antara produk smartphone.

Di benua itu,  seperti juga di Meksiko dan Indonesia, BlackBerry menguasai hingga 60 persen market share, berdasarkan laporan kuartal kedua 2012 dari Canalys. Pada periode yang sama, pangsa pasar global BlackBerry hanya 5.4 persen.

Dengan 170 juta jiwa, Nigeria adalah negara dengan penduduk terbanyak di Afrika. Dari sekitar empat juta unit smartphone yang beredar resmi di negara ini, setengahnya merupakan produk Blackberry.

Selama kuartal kedua 2012, menurut IDC, sebanyak 222.000 perangkat BlackBerry dikapalkan ke Nigeria. Angka tersebut masih jauh di atas para pesaingnya, seperti Samsung yang hanya mencatat 72.000 unit di periode itu.

Akhir September lalu, RIM pun membuka kantor resmi di kota Lagos, Nigeria untuk menanggapi booming BlackBerry di negeri tersebut setelah sebelumnya hanya beroperasi dari Johannesburg, Afrika Selatan, yang jaraknya 4.500 km dari Nigeria

Internet Murah Meriah

Sama seperti di Indonesia, popularitas BlackBerry di kalangan warga Nigeria didorong oleh layanan data murah meriah yang hanya berkisar di angka 1,400 naira atau kurang dari 95 ribu rupiah untuk paket full-service selama 30 hari.

Uniknya, harga tersebut hanya sepersepuluh dari biaya akses internet rata-rata di negara ini, di mana koneksi internet masih merupakan barang mewah.

 "Dengan BlackBerry, pengguna bisa mendapat akses internet 24 jam sehari. Harga perangkatnya memang agak mahal buat kebanyakan orang Nigeria. Tapi semua orang di sini menginginkan BlackBerry," ujar seorang blogger asal kota Lagos, Nigeria, yang dikutip oleh The Globe and Mail.

Sasaran utama RIM dengan Smartphone BlackBerry miliknya adalah kalangan menengah -terutama kaum muda- di Nigeria yang beralih dari feature phone ke smartphone.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.