MindTalk.com, Jejaring Sosial Lokal Berbasis Minat

Kompas.com - 15/11/2012, 19:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


JAKARTA, KOMPAS.com - Setahun lebih melayani penggunanya dalam versi beta, situs web jejaring sosial MindTalk.com, kini resmi diluncurkan pada Rabu (14/11/2012) di Jakarta. MindTalk merupakan jejaring sosial yang fokus pada saluran minat.

Pengguna bisa mengikuti saluran minat yang telah disediakan oleh MindTalk, mulai dari fotografi, teknologi, fesyen, selebriti, kesehatan, otomotif, hingga bisnis dan pemasaran. Pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti membagi foto, video, hingga artikel. Jika minat yang diinginkan belum tersedia, pengguna bisa membuatnya sendiri.

MindTalk didirikan oleh Robin Marufi dan Danny Oei Wirianto. Mulanya Robin mendirikan jejaring sosial bernama Digaku.com. Setelah melewati proses pembicaraan, keduanya sepakat untuk membangun MindTalk pada awal 2011 dan akhirnya merilis versi beta pada September 2011.

"Hingga bulan ini (November 2012-red) pengguna MindTalk berjumlah 180.000 pengguna," kata Robin. "Dari jumlah tersebut, 65% adalah pengguna aktif, dan 85% berasal dari Indonesia."

Para pendiri MindTalk tak menyangka jejaring sosialnya mendapat sambutan positif. Mulanya, mereka menargetkan 100.000 pengguna hingga akhir 2012, tapi ternyata di bulan November 2012, pengguna mereka sudah 180.000.

MindTalk sedang berkonsentrasi meningkatkan jumlah pengguna di Indonesia. Caranya, mereka akan menjalin kerjasama dengan situs web atau produsen perangkat mobile lokal. "Aplikasi MindTalk saat ini telah menjadi aplikasi bawaan di gadget Polytron, dan beberapa tablet lokal," ujar Danny.

Selain itu, MindTalk juga akan rajin mengisi seminar untuk memperkenalkan layanannya, serta menggelar kompetisi membuat aplikasi di MindTalk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membuka API

MindTalk membuka aplikasi pemrograman tampilan antarmuka (Application Programming Interface/API) untuk pihak ketiga. Hal ini memungkinkan siapa saja membuat aplikasi maupun game di MindTalk, untuk memperkaya konten di MindTalk itu sendiri.

"Dengan MindTalk membuka API ini, pengembang aplikasi bisa membuat aplikasi atau game apa saja. Sesama orang Indonesia, kita akan saling dukung untuk memperkenalkan aplikasi atau game lokal," ujar Danny.

Beberapa waktu lalu, MindTalk telah menggelar kompetisi pembuatan aplikasi di Malang dan Yogyakarta. Selanjutnya, bakal menggelar kompetisi pembuatan aplikasi lagi di kota lainnya.

Saat ini, MindTalk diasuh oleh 18 karyawan yang sebagian besar adalah pemrogram, dan perancang user experience yang memberi sensasi berbeda saat pengguna memakai layanan MindTalk. Dalam waktu dekat, MindTalk akan merekrut belasan karyawan lagi.

Danny mengaku, suntikan dana yang mengalir ke MindTalk hampir mencapai Rp 1 miliar. Mereka sedang mencari investor lain untuk menopang kelanjutan operasional dan bisnis MindTalk.

Di kemudian hari, MindTalk siap melakukan ekspansi ke negara lainnya di kawasan Asia Tenggara, dan India, yang merupakan negara dengan potensi bisnis media sosial. Untuk mendukung hal itu, MindTalk telah membuat aplikasi untuk perangkat mobile bersistem operasi iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, serta platform Nokia.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.