Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Belum Mau Damai dengan Apple

Kompas.com - 16/11/2012, 09:35 WIB

KOMPAS.com — Akhir pekan yang lalu, Apple dan HTC mengumumkan kesepakatan perdamaian terkait hak paten teknologi. Berdasarkan perjanjian ini, Apple dan HTC mulai menarik tuntutan mereka di pengadilan.

Berdasarkan peristiwa ini, banyak orang yang mulai bertanya, apakah Apple akan berdamai dengan Samsung, lawan terbesarnya saat ini?

Pertanyaan tersebut terjawab belum lama ini. Menurut Yonhap News, sebuah media asal Korea Selatan, Samsung belum memiliki rencana untuk mengikuti jejak HTC dengan berdamai dengan Apple.

"HTC mungkin saja setuju untuk membayar 300 miliar won (276 juta dollar AS) kepada Apple, tetapi kami tidak berniat (bernegosiasi) sama sekali," kata Shin Jong-kyun, pimpinan Mobile dan Divisi IT Samsung, seperti dikutip dari 9to5mac, Kamis (15/11/2012).

Dengan pernyataan dari JK Shin tersebut, tampaknya masih akan ada banyak berita mengenai perseteruan Apple dan Samsung di pengadilan.

Jumlah "denda" sebesar 276 juta dollar AS didapat dari seorang analis dari Sterne Agee, Shaw Wu.

Menurut analisis Wu, HTC harus membayar uang sekitar 6 hingga 8 dollar AS tiap perangkat berbasis Android mereka kepada Apple.

HTC sendiri diperkirakan dalam satu tahun menjual 30 hingga 35 juta perangkat berbasis Android. Dengan kata lain, perusahaan asal Taiwan tersebut harus membayar 180 hingga 280 juta dollar kepada Apple.

Pendapatan tambahan dari HTC ini bisa dibilang hanyalah "uang receh" bagi Apple. Tahun lalu saja, perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut berhasil mencatat pendapatan bersih sebesar 41 miliar dollar AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com