Kompas.com - 16/11/2012, 09:35 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Akhir pekan yang lalu, Apple dan HTC mengumumkan kesepakatan perdamaian terkait hak paten teknologi. Berdasarkan perjanjian ini, Apple dan HTC mulai menarik tuntutan mereka di pengadilan.

Berdasarkan peristiwa ini, banyak orang yang mulai bertanya, apakah Apple akan berdamai dengan Samsung, lawan terbesarnya saat ini?

Pertanyaan tersebut terjawab belum lama ini. Menurut Yonhap News, sebuah media asal Korea Selatan, Samsung belum memiliki rencana untuk mengikuti jejak HTC dengan berdamai dengan Apple.

"HTC mungkin saja setuju untuk membayar 300 miliar won (276 juta dollar AS) kepada Apple, tetapi kami tidak berniat (bernegosiasi) sama sekali," kata Shin Jong-kyun, pimpinan Mobile dan Divisi IT Samsung, seperti dikutip dari 9to5mac, Kamis (15/11/2012).

Dengan pernyataan dari JK Shin tersebut, tampaknya masih akan ada banyak berita mengenai perseteruan Apple dan Samsung di pengadilan.

Jumlah "denda" sebesar 276 juta dollar AS didapat dari seorang analis dari Sterne Agee, Shaw Wu.

Menurut analisis Wu, HTC harus membayar uang sekitar 6 hingga 8 dollar AS tiap perangkat berbasis Android mereka kepada Apple.

HTC sendiri diperkirakan dalam satu tahun menjual 30 hingga 35 juta perangkat berbasis Android. Dengan kata lain, perusahaan asal Taiwan tersebut harus membayar 180 hingga 280 juta dollar kepada Apple.

Pendapatan tambahan dari HTC ini bisa dibilang hanyalah "uang receh" bagi Apple. Tahun lalu saja, perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut berhasil mencatat pendapatan bersih sebesar 41 miliar dollar AS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.