Kompas.com - 16/11/2012, 14:07 WIB
EditorReza Wahyudi

GOOGLE Google Nexus S adalah smartphone pertama yang menggunakan versi terbaru platform Android 2.3 yang dikenal dengan sebutan Gingerbread.

KOMPAS.com - Samsung dan Google bekerja sama dalam meluncurkan perangkat smartphone Nexus S pada akhir tahun 2010 yang lalu. Awalnya, ponsel yang satu ini hadir dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Setelah dua tahun hadir, Samsung Google Nexus S ini sudah mendapatkan dua kali update sistem operasi secara besar-besaran, dengan Android 4.1.2 Jelly Bean sebagai versi yang terakhir hadir di perangkat tersebut.

Setelah update tersebut, para pengguna pun mulai berharap kalau Google kembali berbaik hati dengan menghadirkan update terbaru, Android 4.2, di perangkat tersebut.

Sayangnya, harapan tersebut harus sirna. Menurut Jean-Baptiste Queru, kepala developer Android, Google tidak akan memberikan update terbaru tersebut untuk perangkat lawas ini.

Menurut GSMArena, kemungkinan besar keputusan ini diambil karena sudah "usangnya" hardware yang diusung Nexus S. Saat ini saja, dikabarkan kalau Nexus S, dengan menggunakan sistem operasi Android 4.1, sudah harus bekerja lebih keras dari biasanya.

Dengan RAM hanya 512MB, diyakini kalau Nexus S akan bekerja jauh lebih keras saat menggunakan Android 4.2.

Selain Nexus S, para pengguna perangkat HTC juga layak kecewa. Semua perangkat Android yang diluncurkan pada tahun 2012 ini dan memiliki RAM di bawah 1GB dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 4.1.

"Secara umum, perangkat dengan RAM 512MB atau kurang tidak akan mendapatkan upgrade Android 4.1," kata HTC seperti dikutip dari Ubergizmo.

Dengan kata lain, walaupun diluncurkan pada tahun ini, HTC One V tidak akan mendapatkan update ke sistem operasi Jelly Bean. HTC One V memiliki RAM sebesar 512MB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.