Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nexus S Tak Kebagian Android 4.2

Kompas.com - 16/11/2012, 14:07 WIB

GOOGLE Google Nexus S adalah smartphone pertama yang menggunakan versi terbaru platform Android 2.3 yang dikenal dengan sebutan Gingerbread.

KOMPAS.com - Samsung dan Google bekerja sama dalam meluncurkan perangkat smartphone Nexus S pada akhir tahun 2010 yang lalu. Awalnya, ponsel yang satu ini hadir dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Setelah dua tahun hadir, Samsung Google Nexus S ini sudah mendapatkan dua kali update sistem operasi secara besar-besaran, dengan Android 4.1.2 Jelly Bean sebagai versi yang terakhir hadir di perangkat tersebut.

Setelah update tersebut, para pengguna pun mulai berharap kalau Google kembali berbaik hati dengan menghadirkan update terbaru, Android 4.2, di perangkat tersebut.

Sayangnya, harapan tersebut harus sirna. Menurut Jean-Baptiste Queru, kepala developer Android, Google tidak akan memberikan update terbaru tersebut untuk perangkat lawas ini.

Menurut GSMArena, kemungkinan besar keputusan ini diambil karena sudah "usangnya" hardware yang diusung Nexus S. Saat ini saja, dikabarkan kalau Nexus S, dengan menggunakan sistem operasi Android 4.1, sudah harus bekerja lebih keras dari biasanya.

Dengan RAM hanya 512MB, diyakini kalau Nexus S akan bekerja jauh lebih keras saat menggunakan Android 4.2.

Selain Nexus S, para pengguna perangkat HTC juga layak kecewa. Semua perangkat Android yang diluncurkan pada tahun 2012 ini dan memiliki RAM di bawah 1GB dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 4.1.

"Secara umum, perangkat dengan RAM 512MB atau kurang tidak akan mendapatkan upgrade Android 4.1," kata HTC seperti dikutip dari Ubergizmo.

Dengan kata lain, walaupun diluncurkan pada tahun ini, HTC One V tidak akan mendapatkan update ke sistem operasi Jelly Bean. HTC One V memiliki RAM sebesar 512MB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com