Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game dengan Kata "Memory" Jadi Terlarang

Kompas.com - 16/11/2012, 17:54 WIB

KOMPAS.com - Ternyata desain "sudut membulat" bukan satu-satunya hal biasa yang bisa dipatenkan. Sebuah pengembang game bernama Ravensburger baru-baru ini dikabarkan mendapat hak cipta atas kata "memory" dalam judul game.

Karena itulah, Ravensburger yang menguasai hak cipta atas kata tersebut mengimbau pengembang (developer) lain agar menarik aplikasi yang mengandung kata serupa di bagian judulnya dari App Store Apple.

Hak cipta Ravensburger diakui di 42 negara, termasuk Perancis, Mesir, Jerman, Spanyol, Brazil, Korea Selatan, dan Turki. Apple sendiri disebutkan telah meneruskan imbauan Ravensburger tersebut ke sejumlah developer agar menarik aplikasi-aplikasinya dari App Store di negara-negara tersebut.

Ravensburger adalah perusahaan asal Jerman yang menjual sebuah boardgame populer bernama "Memory".

Darren Murtha, seorang developer yang menciptakan game berjudul "Preschool Memory Match" mengatakan bahwa dia akan menarik aplikasinya dari ke-42 negara tempat berlakunya hak cipta Ravensburger."

"Kami berencana mengganti judulnya di negara-negara tersebut, dan mengunggah versi baru awal tahun depan," ujarnya, seperti dikutip situs developer game Gamasutra.

Penarikan game dengan judul yang mengandung kata "memory" dari App Store kabarnya akan dilaksanakan sebelum akhir 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com